11 Tentara Suriah Tewas Diserang ISIS

0
93

Beirut, LiputanIslam.com – Sedikitnya 11 tentara Suriah dan para pejuang sekutunya tewas diserang kelompok teroris ISS di provinsi Deir el-Zour, Suriah, menurut laporan kelompok pemantau.

Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) yang bermarkas di London dan dekat dengan kubu oposisi Suriah mengabarkan bahwa para petempur itu tewas dalam serangan yang menyasar kendaraan mereka di lokasi antara al-Sokhna dan al-Shula di daerah yang membentang antara provinsi Homs dan Deir el-Zour.

Direktur Eksekutif SOHR, Rami Abdel Rahman, saat memberitakan peristiwa berdarah itu tidak memberikan rincian lebih lanjut kecuali bahwa jumlah korban jiwa berpotensi meningkat.

Sejauh ini ISIS sendiri tidak atau belum menyatakan bertanggungjawab atas serangan teror itu.

ISIS adalah kelompok teroris yang sempat merajalela tapi kemudian kalah perang dan kehilangan semua wilayah pendudukannya pada tahun lalu, namun sisa-sisa anggotanya masih terus melakukan serangan gerilya di Suriah timur.

Sekira 27 tentara Suriah dan sekutunya tewas dalam serangan kawanan teroris berhaluan Wahhabi itu di daerah gurun yang sama pada bulan lalu.

Baca: Pejabat Irak Kecam Peran AS di Balik Serangan Besar ISIS

ISIS juga telah melakukan serangan mematikan di Irak dalam beberapa pekan terakhir. Berbagai pihak di Irak menuding AS berada di balik kemunculan kembali ISIS secara mencolok, setelah AS dicecar tuntutan agar menarik pasukannya dari Irak pasca serangan teror AS terhadap jenderal tersohor Iran Qassem Soleimani dan tokoh pasukan relawan Irak Abu Mahdi al-Muhandis di Baghdad pada Januari lalu.

Baca: al-Hashd al-Shaabi: ISIS Gagal Mengulangi Skenario “Pendudukan Mosul”

(mm/raialyoum)

DISKUSI: