al-Hashd al-Shaabi: ISIS Gagal Mengulangi Skenario “Pendudukan Mosul”

0
194

Baghdad,LiputanIslam.com-Seorang petinggi al-Hashd al-Shaabi menyatakan, serangan-serangan terbaru ISIS ke Salahudin, Diyali, dan provinsi-provinsi lain tidak dilakukan secara serampangan.

Sadiq al-Husaini menjelasan, serangan-serangan itu telah direncanakan sebelumnya di waktu-waktu tertentu dan menggunakan senjata modern serta dukungan logistik.

Kepada al-Maalomah, al-Husaini mengatakan bahwa jumlah orang yang ikut dalam serangan itu tidak sedikit.

Menurutnya, berdasarkan subtansi serangan dan tujuan-tujuannya, ISIS berupaya mengulang skenario pendudukan Mosul di provinsi-provinsi lain. Namun, upaya itu gagal untuk kedua kalinya.

Upaya pertama ISIS dilakukan pasca pembebasan sejumlah daerah di tahun 2016, yang dikenal dengan “Serangan Ramadan.” Kelompok teroris itu melancarkan serangan di saat buka dan sahur ke basis-basis militer dan al-Hashd al-Shaabi.

Al-Husaini menjelaskan, ISIS dikejutkan dengan reaksi cepat al-Hashd al-Shaabi dan Tentara Irak yang dengan sigap menutup jalan kelompok teroris tersebut.

Menurut al-Husaini, dalam beberapa hari terakhir al-Hashd al-Shaabi telah membuktikan sanggup mengatasi ancaman ISIS, walaupun mereka dilengkapi dengan persenjataan modern.

ISIS telah melancarkan sejumlah serangan teror ke Diyali, Salahudin, dan beberapa provinsi Irak lain. Serangan-serangan itu menggugurkan atau melukai puluhan personel Tentara, al-Hashd al-Shaabi, dan al-Hashd al-Ashairi. (af/alalam)

Baca Juga:

[Editorial) Serangan ke Irak, Apakah ISIS Akan Bangkit Lagi?

Legislator Irak: al-Hashd al-Shaabi adalah Benteng untuk Membendung Serangan ISIS

DISKUSI: