Tiba di Rusia, Menlu Iran: Kami Kecam Perang, di Mana pun Terjadinya

0
105

Teheran,LiputanIslam.com-Setibanya di ibu kota Rusia pada Selasa siang tadi, Menlu Iran Hossein Amir Abdollahian memaparkan agenda-agenda lawatannya ke Negeri Beruang Merah.

Agenda pertama, kata Abdollahian, adalah tindak lanjut atas kesepakatan-kesepakatan yang sudah dibuat antara Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Presiden Vladimir Putin, yang dilakukan saat lawatan Raisi ke Rusia beberapa bulan lalu.

“Agenda kedua berkaitan dengan dinamika Ukraina dan situasi baru di kancah regional-internasional, yang tentu tidak bisa kami abaikan begitu saja. Kami secara terbuka mengecam perang di Ukraina, Afghanitan, Yaman, dan titik mana pun di dunia. Kami juga mengutuk sanksi-sanksi. Pemberlakuan sanksi sepihak atas negara dan bangsa-bangsa kami pandang sebagai cara yang tidak benar. Kami memfokuskan solusi politik terkait isu Ukraina,”imbuhnya.

Menurut Abdollahian, agenda ketiga yang akan dibicarakan dalam kunjungan ini adalah menindaklanjuti perundingan Wina untuk pencabutan sanksi-sanksi Iran.

Pada hari Senin kemarin, Kemenlu Rusia menyinggung lawatan Abdollahian ke Moskow dan mengumumkan, sanksi-sanksi Barat tidak akan menghambat sikap Rusia dalam memperkuat kerja sama dengan Iran.

Sebelum ini, Kemenlu Rusia dalam statemennya menanggapi tudingan bahwa Moskow menjadi penghalang dalam kelangsungan perundingan di ibu kota Austria. Kemenlu Rusia menegaskan, perundingan untuk menghidupkan JCPOA ini akan terus berlanjut tanpa ada penundaan. (af/alalam)

Baca Juga:

Serangan Siber Terbesar Anti-Israel, Peretas Iran Lumpuhkan Situs-Situs Internet Rezim Zionis

Media Iran Ungkap Rincian Serangan Rudal IRGC ke Markas Intelijen Israel di Erbil

DISKUSI: