Tertutupnya Terusan Suez Bikin Pentagon Khawatir, Iran Tawarkan Jalur Pengganti

0
523

Washington,Liputanislam.com-Kemenhan AS (Pentagon) mengumumkan, tertutupnya Terusan Suez akan memengaruhi aktivitas militer-kelautan Paman Sam.

“Kami tidak bisa membicarakan dampak insiden ini atas operasi-operasi khusus. Terusan Suez adalah sebuah titik kelautan vital. Tertutupnya jalur ini dalam jangka waktu panjang akan berdampak besar pada transportasi militer dan nonmiliter,”kata Jubir Angkatan Laut AS, seperti dilansir Hill.

Ia mengklaim, Angkatan Laut AS memiliki kemampuan untuk mengurangi dampak-dampak ini. Namun ia tidak menjelaskannya secara lebih mendetail.

Menurut Jubir Pentagon, penggantian Terusan Suez dengan jalur lain akan membebankan biaya lebih banyak atas Angkatan Laut AS. Perubahan jalur ini juga akan memunculkan masalah-masalah keamanan yang mesti dihadapi Angkatan Laut AS.

Di lain pihak, Dubes Iran untuk Rusia, Kazem Jalali dalam postingan tiga bahasanya menanggapi tertutupnya Terusan Suez dengan menyatakan, koridor besar multi fungsi yang disebut International North-South Transport Corridor (INSTC) adalah sebuah alternatif bagus untuk jalur perairan strategis, yang selain lebih cepat, juga lebih irit biaya.

Di laman Facebook-nya, Jalali menyebut INSTC sebagai pengganti ideal untuk Terusan Suez, karena bisa mengurangi durasi perjalanan hingga 20 hari dan biaya perjalanan hingga 30 persen. Koridor ini memanjang dari Bombay di barat India hingga Moskow melalui Iran dan Laut Kaspia.

Dubes Iran menyinggung insiden terbaru di Terusan Suez, yang telah mendatangkan kerugian sebesar 9 milyar dolar per hari ke ekonomi dunia. Menurut Jalali, kejadian ini menunjukkan bahwa penyelesaian infrastruktur INSTC sangat dibutuhkan, sebab urgensinya untuk menggantikan Terusan Suez kian terasa dibanding sebelumnya. (af/alalam)

Baca Juga:

Upaya Pengambangan Kapal Raksasa Kandas di Terusan Suez Dilaporkan Alami Kemajuan Signifkan

Iran-China Jalin Kerjasama, Upaya Washington Isolasi Teheran Gagal

DISKUSI: