Iran-China Jalin Kerjasama, Upaya Washington Isolasi Teheran Gagal

0
498

Teheran,LiputanIslam.com– Wall Street Journal dalam analisisnya menyatakan, kesepakatan kerjasama Iran-China telah mementahkan semua upaya Washington untuk mengucilkan Teheran-Beijing.

WSJ di awal tulisannya menyebut bahwa dokumen kerjasama bilateral itu meliputi berbagai bidang kerjasama, mulai dari ekonomi dan perdagangan hingga keamanan dan intelijen.

“Iran dan China …telah menggagalkan upaya-upaya AS untuk mengisolasi Iran. Kesepakatan ini telah memajukan upaya lama Teheran untuk memperdalam hubungan diplomatik di luar lingkaran kekuatan-kekuatan Barat,”tulis WSJ.

Majalah AS ini mengklaim kesepakatan Iran-China mencakup investasi besar Beijing dalam sejumlah proyek, termasuk energi nuklir, pelabuhan, rel kereta api, transfer teknologi militer ke Iran, dan infrastruktur lain.

“Diprediksi bahwa China pada bulan Maret akan mengimpor 918 ribu barel minyak per hari dari Iran. Ini adalah jumlah (impor) terbesar sejak sektor minyak Iran diembargo pada 2 tahun silam. Laporan-laporan ini mendorong Pemerintahan Joe Biden memperingatkan akan melanjutkan sanksi-sanksi di masa Trump atas transaksi minyak Iran-China.”

“Kesepakatan dengan China mengirim sinyal bahwa Iran memiliki sekutu-sekutu kuat, yang salah satunya adalah negara yang memiliki kursi permanen di Dewan Keamanan PBB,”tulis WSJ. (af/fars)

Baca Juga:

Iran dan China Jalin Perjanjian Kerjasama 25 Tahun

Ansarullah: Yaman Rangking Pertama dalam Produksi Rudal di Semenanjung Arab

DISKUSI: