Upaya Pengambangan Kapal Raksasa Kandas di Terusan Suez Dilaporkan Alami Kemajuan Signifkan

0
347

Kairo, LiputanIslam.com –   Upaya untuk mengambangkan kembali kapal peti kemas raksasa Ever Given yang tersangkut dan kandas di Terusan Suez, Mesir, dilaporkan mengalami kemajuan berarti pada Jumat malam (26/3).

Beberapa sumber mengatakan kepada surat kabar AS, Wall Street Journal (WSJ), bahwa telah ada “kemajuan signifikan” dalam upaya mengapungkan kapal kontainer itu.

Menurut mereka, kemajuan ini meningkatkan harapan pihak berwenang bahwa kapal itu dapat dibebaskan  paling cepat hari ini, Sabtu (27/3), dan kanal dibersihkan untuk kemudian dimulainya kembali lalu lintas di jalur kritis tersebut.

Menurut WSJ, optimisme itu baru muncul saat larut malam setelah sebelumnya operator kapal mengatakan mungkin perlu dua hingga tiga hari lagi untuk melepaskan bagian haluan kapal dari tepian berpasir dan berlumpur yang ditabraknya.

Kapal keruk bekerja Jumat malam di bawah lampu sorot untuk menghilangkan ratusan ribu kubik pasir di sekitar haluan Ever Given, yang dioperasikan oleh Evergreen Group yang berbasis di Taiwan.

Kapal raksasa sepanjang 400 meter dengan bobot 220.000 ton itu terjebak di dekat ujung selatan kanal pada Selasa (23/3), dan menyebabkan lebih 100 kapal lain terjebak macet dari dua arah yang berlawanan. (mm/wsj)

 

DISKUSI: