Tangkap Sejumlah Hakim, Bin Salman Ingin Rehabilitasi Namanya?

0
170

Riyadh,LiputanIslam.com-Gelombang penangkapan atas instruksi Putra Mahkota kembali terjadi di Saudi. Yang terbaru, sebanyak 9 hakim terkemuka telah ditangkap, meski mereka telah diangkat sendiri oleh pihak Kerajaan.

Berita penangkapan 9 hakim ini dipublikasikan oleh akun-akun Saudi yang biasa memberitakan penangkapan-penangkapan di negara itu. Hal yang menarik, hakim-hakim ini ditangkap di tempat kerja mereka, seolah disengaja agar penangkapan itu diliput oleh media.

Rai al-Youm menulis, para hakim ini ditangkap atas tuduhan “pengkhianatan besar”. Berdasarkan UU Saudi, tuduhan pengkhianatan bisa membuat si tertuduh dijatuhi hukuman mati dalam UU Saudi. Otoritas Saudi sendiri belum mengumumkan motif penangkapan mereka.

Para hakim yang ditangkap ini berafiliasi kepada Bin Salman dan dikenal loyal kepada Putra Mahkota.

Sebagian pengamat berpendapat, penangkapan para hakim ini adalah mukadimah untuk pembebasan para tahanan, yang sebelum ini divonis atas tuduhan terorisme dan pengkhianatan oleh para hakim tersebut.

Meski begitu, kelompok-kelompok HAM berkeyakinan bahwa para hakim ini ditangkap lantaran sikap kritis terhadap Bin Salman.

”Bin Salman menangkap para hakim ini sebagai hukuman atas vonis-vonis yang mereka jatuhkan. Benar bahwa vonis-vonis ini atas lampu hijau Bin Salman, namun dengan menangkap mereka, ia akan memulihkan citranya sebagai seorang reformis. Dalam kasus Jamal Khashoggi, Bin Salman juga mengklaim bahwa pembunuhan itu dilakukan tanpa sepengetahuan atau persetujuannya. Kita harus menunggu penangkapan-penangkapan lain dalam hari-hari ke depan, sebab ia berniat memperkuat takhta dan mahkotanya,”pungkas Rai al-Youm. (af/fars)

Baca Juga:

Pemimpin Ansarullah: Koalisi Saudi Cs Membentur Jalan Buntu dan Kalah

Pengadilan Turki akan Alihkan Persidangan Kasus Khashoggi ke Saudi, Hatice Cengiz Melawan

DISKUSI: