Tanggapi Sanksi AS, Presiden Chechnya: Ayo Kita Berperang!

0
193

Grozny,LiputanIslam.com-Menlu AS Mike Pompeo pada hari Senin (20/7) mengumumkan, Washington telah menjatuhkan sanksi atas Presiden Chechnya, Ramzan Kadyrov, atas tuduhan “pelanggaran hak asasi manusia.”

Kadyrov merespons sanksi ini dengan mengunggah foto dirinya sedang memegang senjata di akun Telegram-nya. Ditujukan kepada Pompeo, dia menulis,”Ayo kita berperang!”

Presiden Chechnya dalam pesan yang diunggah di salah satu medsos lain juga menyinggung sanksi yang dijatuhkan AS atas istri dan dua putrinya. Ia menulis,”Andai kata saya seratus kali melanggar HAM, bagaimana kalian menjustifikasi sanksi atas istri dan putri-putri saya? Apa kejahatan yang mereka lakukan dan hak siapa yang mereka injak? Kalian tak punya jawaban untuk pertanyaan ini.”

Dalam statemennya hari Senin kemarin, Pompeo mengklaim bahwa Kemenlu AS “memiliki informasi kredibel” yang menunjukkan bahwa Kadyrov telah melanggar HAM. Pelanggaran itu berupa penyiksaan dan pembunuhan ilegal yang berlangsung selama lebih dari satu dekade.

Kadyrov untuk pertama kali dicantumkan di daftar sanksi AS bersama 4 warga negara Rusia. Kemenkeu AS mengklaim bahwa Kadyrov terlibat secara langsung dalam menyiksa salah satu penentangnya. (af/alalam)

Baca Juga:

Protes Sanksi atas Hong Kong, China Panggil Dubes AS

Dubes Suriah: Kami akan Ubah Sanksi dari Ancaman Menjadi Peluang

DISKUSI: