Tanggapi Ancaman Pompeo, Zarif: 20 September Tak Ada Kejadian Apa pun

0
180

Teheran,LiputanIslam.com-Menlu Iran Javad Zarif merespons klaim Menlu AS, bahwa sanksi internasional atas Iran akan kembali aktif pada 20 September. Zarif menegaskan, tak akan ada kejadian apa pun di tanggal ini.

Zarif dalam tweet-nya melampirkan tulisan mantan Penasihat Keamanan Gedung Putih John Bolton dan Resolusi 2231 Dewan Keamanan PBB. Dengan cara ini, ia mengingatkan bahwa AS bukan lagi anggota JCPOA.

“Pompeo, engkau lagi-lagi keliru. Tidak ada kejadian baru pada tanggal 20 September nanti,”cuitnya.

“Engkau cukup membaca Resolusi 2231. Bahkan Bolton, yang telah meyakinkan atasanmu untuk menyuruhmu mengakhiri partipasi AS di JCPOA, telah membaca resolusi ini,”imbuhnya.

Pada 27 Agustus, Pompeo mengklaim bahwa sanksi internasional atas Iran akan kembali aktif pada pertengahan malam 20 September waktu Greenwich, menyusul surat pemberitahuan AS ke Dewan Keamanan pada 21 Agustus.

Sebagian besar anggota Dewan Keamanan mempertanyakan klaim Washington terkait legalitas surat pemberitahuan ini untuk memulai proses kembalinya sanksi atas Iran.

Sebagai contoh, China dalam sidang Dewan Keamanan menegaskan, surat pemberitahuan AS tidak bisa ditafsirkan sebagai dimulainya pengaktifan kembali sanksi atas Teheran. (af/fars)

Baca Juga:

Iran akan Membangun Ruang Sentrifugal Baru di Natanz setelah Aksi Sabotase

Inggris Akui Punya Hutang Ratusan Juta Pound kepada Iran

DISKUSI: