Inggris Akui Punya Hutang Ratusan Juta Pound kepada Iran

0
161

London,LiputanIslam.com-Harian Guardian pada hari Jumat (4/9) melaporkan, Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace untuk pertama kalinya mengakui London memiliki hutang terhadap Teheran.

Hutang ini berkaitan dengan sebuah transaksi jual-beli persenjataan yang dijalin sebelum Revolusi Islam tahun 1979. Wallace mengaku akan berusaha melunasi hutang ini melalui jalan legal.

Wallace menyinggung perjanjian yang berhubungan dengan biro industri persenjataan Britania dan Iran, serta perselisihan masalah hukum dalam hal ini. Dia mengakui bahwa Pemerintah Britania berhutang dan menyatakan, semua cara legal untuk membayar hutang ini mesti dibahas.

Menteri Pertahanan Inggris menegaskan pandangannya sebelum ini, bahwa sungguh memalukan ketika hutang ini masih belum dibayarkan. Meski demikian, kata Wallace, pelunasan hutang tidak boleh melanggar sanksi-sanksi AS dan Uni Eropa atas Iran.

Menurut laporan Deutsche Welle, Britania berhutang sekitar 400 juta pound lantaran tidak menyerahkan tank-tank pesanan Iran. Tank-tank itu dipesan di masa kekuasaan Rezim Shah Iran, yang kemudian dibatalkan secara sepihak oleh Britania menyusul terjadinya Revolusi Islam Iran.

Rencananya, sebuah pengadilan di Britania akan membahas masalah pelunasan hutang ini pada 4 November mendatang. Di pentas-pentas politik Inggris, penentuan tanggal ini dianggap bukan kebetulan, sebab hanya sehari setelah dilangsungkannya Pilpres AS. (af/tasnim/alalam)

Baca Juga:

Iran dan Indonesia Kutuk Penghinaan Kembali Tabloid Charlie Hebdo terhadap Nabi Muhammad saw

Lavrov: Eropa Secara Hina Mengemis Izin dari AS untuk Berbisnis dengan Iran

 

 

DISKUSI: