Taliban Tolak Tawaran Pembebasan Bersyarat dari Pemerintah Afghanistan

0
148

Kabul,LiputanIslam.com-Dikutip dari Reuters, Taliban pada hari Rabu (11/3) menolak pembebasan bersyarat anggotanya oleh pemerintah Afghanistan. Menurut Taliban, tawaran ini bertentangan dengan kesepakatan yang dijalinnya dengan AS.

Kelompok ini juga menegaskan, sebelum semua 5 ribu anggota dibebaskan dari penjara, mereka tak bersedia berunding dengan pemerintah Afghanistan.

Ashraf Ghani (presiden Afghanistan) menentang pembebasan 5 ribu tahanan Taliban di saat bersamaan. Dia berniat membebaskan 1.500 tahanan terlebih dahulu. Tahanan lain baru akan dibebaskan jika ada kemajuan dalam perundingan antara Kabul dan Taliban.

“Kami tidak pernah menyepakati pembebasan bersyarat. Jika ada yang mengklaim hal seperti ini, itu berlawanan dengan kesepakatan damai 29 Februari lalu. Dalam perjanjian itu jelas disebutkan bahwa 5 ribu tahanan Taliban dibebaskan, kemudian baru disusul perundingan antara pihak-pihak Afghanistan,”kata Soheil Shahin (jubir Taliban) dalam kontak telepon dengan Reuters.

Berdasarkan kesepakatan itu, Taliban juga harus membebaskan 1000 tahanan. Tampaknya, perselisihan antara Taliban dan pemerintah Afghanistan disebabkan perbedaan frasa dalam surat kesepakatan yang diserahkan AS ke pemerintah dan Taliban.

Salah satu isi kesepakatan itu adalah keharusan AS menarik militernya dari Afghanistan setelah 18 tahun bercokol di negara itu. (af/alalam)

Baca Juga:

Pasukan AS Mulai Tinggalkan Afghanistan

Iran Minta Saudi Tidak Politisasi Wabah Corona

DISKUSI: