Tak Ada Alasan untuk Tidak Menjatuhkan Sanksi atas Bin Salman

0
211

Washington,LiputanIslam.com-Stasiun televisi Russia Today melaporkan, wakil Demokrat dari Negara Bagian Minnesotta berpendapat bahwa Putra Mahkota Saudi mesti dijatuhi sanksi, sebab tidak ada alasan untuk tak melakukannya.

“Jika AS benar-benar mendukung kebebasan pendapat, demokrasi, dan HAM, tak ada alasan untuk tidak menjatuhkan sanksi atas Muhammad bin Salman,”kata Ilhan Omar kepada CNN.

Legislator AS ini menambahkan,”Saya meyakini, tiap menit yang di situ Bin Salman lolos dari hukuman, adalah ancaman bagi perhatian AS kepada HAM dan warga Saudi.”

Ia lalu mengingatkan laporan badan-badan intelijen AS bahwa instruksi pembunuhan Jamal Khashoggi diberikan oleh Bin Salman. Omar berkata,”Intelijen Spesial kita menemukan seseorang yang memerintahkan pembunuhan seorang yang tinggal di AS.”

Beberapa waktu lalu, Pemerintah AS merilis laporan intelijen soal pembunuhan Khashoggi. Intelijen AS menegaskan, pihaknya berkesimpulan bahwa Bin Salman telah “menyetujui operasi” penangkapan ataupun pembunuhan jurnalis Khashoggi di Konsulat Jenderal Saudi di Istanbul, Turki, pada tahun 2018.

Badan intelijen AS, termasuk CIA, dalam laporan sebanyak empat halaman yang diwajibkan oleh Kongres, setelah sempat dirahasiakan di masa kepresidenan Donald Trump, mendasarkan kesimpulan tersebut pada “kontrol pengambilan keputusan”, “keterlibatan langsung penasihat kunci”, dan “detail perlindungan” bagi para anggota (eksekutor) dalam operasi tersebut. (af/yjc)

Baca Juga:

Reporters Without Borders Adukan Bin Salman ke Kejaksaan Jerman

Pakar Zionis: Israel dan PNA Bekerjasama untuk Cegah Kemenangan Hamas di Pemilu

DISKUSI: