Reporters Without Borders Adukan Bin Salman ke Kejaksaan Jerman

0
154

Berlin, LiputanIslam.com – Organisasi Reporters Without Borders mengadukan Putra Mahkota Arab Saudi Mohamed bin Salman (MBS) dan beberapa pejabat Saudi lain ke Kejaksaan Jerman dengan tuduhan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Pengaduan setebal 500 halaman telah diajukan organisasi itu kepada Kejaksaan Jerman di Pengadilan Federal Karlsruhe, Senin (1/3). Pengaduan itu memuat tuduhan pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi di Istanbul pada tahun 2018 dan penangkapan secara sewenang-wenang terhadap lebih dari 30 jurnalis lain.

MBS membantah terlibat dalam pembunuhan Khashoggi, sementara beberapa tokoh Saudi lainnya yang namanya disebutkan dalam berkas tak dapat dihubungi, dan kantor media pemerintah Saudipun juga belum bersedia menanggapi permintaan komentar.

Sekretaris Jenderal Reporters Without Borders, Christophe Delaware, dalam sebuah pernyataannya mengatakan, “Mereka yang bertanggung jawab atas penganiayaan jurnalis di Arab Saudi harus dimintai pertanggungjawaban atas kejahatan mereka, termasuk pembunuhan Jamal Khashoggi.”

Organisasi ini mengajukan gugatan hukum di Jerman dengan alasan bahwa hukum Jerman memberikan pengadilan yurisdiksi untuk mengusut kejahatan internasional yang dilakukan di luar negeri walaupun tak ada kaitannya dengan Jerman.

Menurut organisasi ini, sejumlah nama lagi masih dapat dicantumkan dalam pengaduan pada tahap selanjutnya.

Kejaksaan Jerman mengaku telah menerima pengaduan tersebut, dan kini sedang mempelajari kelayakannya, sementara Kementerian Luar Negeri Jerman belum memenuhi permintaan komentar. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Gedung Putih Nyatakan AS Berhak Menghukum Putra Mahkota Arab Saudi

AS Tekan Saudi untuk Bubarkan “Satuan Reaksi Cepat” Milik Bin Salman

 

DISKUSI: