6 Tawanan Palestina Lolos dari Penjara Superketat Israel

0
153

Ramallah,LiputanIslam.com-Jurnalis al-Alam di Ramallah melaporkan, Rezim Zionis memanggil pasukan elitnya, meski saat ini sejumlah besar serdadu Israel tengah menjalani cuti dalam rangka perayaan salah satu hari besar mereka. Pemanggilan ini dilakukan menyusul lolosnya 6 tawanan Palestina dari penjara Gilboa.

Fares al-Sarfandi melaporkan bahwa aparat keamanan Israel disiagakan penuh dan melakukan pengejaran para tawanan yang kabur tersebut.

Menurut al-Alam, para komandan militer Israel saling menyalahkan satu sama lain atas bobolnya penjara Gilboa. Menanggapi kejadian ini, PM Israel Naftali Bennett mengatakan,”Dalam beberapa tahun terakhir, sistem keamanan Israel menghadapi krisis besar.”

Otoritas Israel telah memublikasikan nama-nama para tawanan Palestina tersebut. Mereka adalah Munadil Nafayat, 26, dari Yaabad; Mahmoud dan Mohammad al-Arida, keduanya dari Arraba; Iham Kahamji, 35, dari Kufr Dan; dan Yaqoub Qadiri, 49, dari Deir al-Basha.

Tahanan lainnya telah diidentifikasi sebagai Zakaria Zubeidi, mantan komandan Brigade al-Aqsa Fatah di Jenin. Israel menuduhnya terlibat dalam serangan ke markas Partai Likud  di kota Bisan pada tahun 2002.

Meski pengamanan penjara Gilboa sangat ketat, namun para tawanan Palestina itu sukses menggali terowongan di sel mereka dan meloloskan diri. Rezim Zionis dikabarkan menggunakan helikopter-helikopter untuk menemukan mereka. (af/alalam)

Baca Juga:

Hamas: Pertemuan Abbas-Gantz Ibarat Tikaman Belati kepada Palestina

Rusia: Suriah Rontokkan 21 dari 24 Rudal Israel dalam Serangan Terbaru

DISKUSI: