Suriah: Mengusir Israel dari Dataran Tinggi Golan adalah Prioritas

0
816

Sumber foto: Permanent Mission

Damaskus,LiputanIslam.com—Delegasi Suriah untuk PBB, Dr Bashar al-Jaa’fari, kembali menegaskan hak bangsa Suriah atas Dataran Tinggi Golan yang kini diduduki oleh Israel. Menurutnya, langkah ini dijamin oleh undang-undang internasional dan masih menjadi prioritas utama pemerintah Suriah. Perlu diketahui bahwa wilayah ini dulunya adalah bagian dari Suriah dan direbut oleh Israel dalam Perang Enam Hari dan kemudian mulai dicaplok pada 1981.

“PBB, di bawah tekanan sejumlah anggota Dewan Keamanan (DK), masih gagal mengaplikasikan resolusinya yang berisi larangan bagi Iral menduduki tanah bangsa Arab yang tercantum dalam resolusi no./242,338 dan 497,” ucap Jaafari lewat pidatonya untuk DK PBB lewat video.

Tak hanya itu, menurut kantor berita Suriah, SANA, sikap lemah PBB telah membuat sejumlah negara berani melawan hukum internasional, seperti pengakuan Yerussalem sebagai ibukota Israel oleh administrasi Trump dan pendudukuan wilayah Golan oleh Israel.

Baca juga:

Pertahanan Udara Suriah Cegat Serangan Rudal Israel

Konvoi Militer AS Dihadang dan Diusir oleh Warga Desa di Suriah Utara

Al-Jaafari kembali menegaskan sikap pemerintah Suriah yang mengecam keras pengakuan semacam itu dan menyebutnya tidak bermoral dan tidak memiliki legalitas untuk menentukan tanah bangsa Suriah dan Palestina. (fd/Memo)

 

DISKUSI: