Konvoi Militer AS Dihadang dan Diusir oleh Warga Desa di Suriah Utara

0
628

Ilustrasi pasukan AS di Suriah. Sumber foto: The Defense post

Damaskus,LiputanIslam.com—Pasukan Amerika Serikat (AS), Suriah, dan penduduk lokal bersitegang dalam beberapa bulan terakhir untuk memperebutkan sejumlah daerah di Suriah bagian utara. Menurut laporan Sputnik pada Jum’at (17/4) kemarin, pasukan Suriah bersama dengan para penduduk lokal telah berulang kali memblokade konvoi pasukan AS yang hendak memasuki wilayah mereka.

Para penduduk desa Abu Qasaeib dan al-Rhaia al-Souda di distrik al-Qamishli, provinsi Hasakah bersama-sama menghadang konvoi lima kendaraan yang ditumpangi pasukan AS yang hendak melewati jalan utama di kawasan mereka. Tak hanya itu, menurut laporan kantor berita Suriah (SANA) seperti dikutip Sputnik, para penduduk juga memaksa pasukan untuk kembali.

Baca juga: Pejabat AS: Pentagon Tampaknya Mengakui Kehadiran 2.000 Pasukan AS di Suriah

Dalam sebuah video terlihat para penduduk bersama sejumlah pasukan pemerintah menyanyikan lagu-lagu dan mengibarkan bendera Suriah setelah merkea berhasil mengusir para pasukan AS. Menurut laporan sumber yang sama, ketegangan ini berlangsung tanpa kontak senjata dan tidak ada satu orang pun yang terluka.

Dalam dua minggu, insiden serupa telah terjadi sebanyak dua kali. Pasukan AS yang hendak melewati jalan itu selalu mendapat penolakan dari warga setempat. (fd/Sputnik)

 

 

DISKUSI: