Sumber Irak: Hukuman Mati atas 3 Ribu Anggota ISIS Belum Dilaksanakan

0
163

Baghdad,LiputanIslam.com-Sebuah sumber keamanan Irak pada Senin malam (1/6) mengabarkan, penjara-penjara di negara tersebut telah dipenuhi tahanan ISIS yang ditangkap dalam beberapa tahun terakhir.

Kepada Russia Today, sumber itu mengatakan, lebih dari 3 ribu anggota ISIS belum dieksekusi, meski vonis hukuman mati mereka sudah dijatuhkan sejak berbulan-bulan lalu.

Menurutnya, sebagian dari mereka adalah anggota ISIS yang diserahkan Pasukan Demokratik Suriah (SDF) kepada Tentara Irak setahun lalu.

Beberapa waktu lalu, mantan Kepala Komisi Keamanan dan Pertahanan Parlemen Irak, Hakim al-Zamili, menuntut agar para tahanan ISIS itu segera dieksekusi.

Hasan Salim, wakil dari Fraksi Shadiqun, juga pernah meminta dari Presiden Barham Saleh untuk menandatangani hukuman mati atas terhukum ISIS.

“Para tahanan ISIS ini menikmati fasilitas terbaik di penjara. Ratusan juta dolar dihabiskan tiap tahun untuk mengurus para tahanan ini. Padahal biaya ini semestinya digunakan untuk membantu bangsa dan keluarga syuhada. Kami tak ingin keadaan ini terus berlanjut,”kata Salim.

Sebelum ini, Muhammad al-Lakashi (mantan anggota Parlemen Irak) memperingatkan adanya niat sejumlah tokoh politik Irak, termasuk Presiden, untuk membebaskan para tahanan ISIS dengan dalih Corona.

“Ribuan terdakwa yang divonis hukuman mati atas tuduhan terorisme berada di penjara. Namun sudah lama hukum ini tak kunjung dilaksanakan,”kata al-Lakashi. (af/alalam)

Baca Juga:

Bagaimana Tentara Irak Gagalkan “Operasi Ghazwah Ramadan” ISIS?

AU Rusia Gempur Posisi ISIS di Suriah

DISKUSI: