Soal Keamanan, Suku-suku Mosul Hanya Percaya al-Hashd al-Shaabi

0
306

Baghdad,LiputanIslam.com-Anggota Dewan Suku-suku Selatan Mosul, Khalid al-Sabaawi menyatakan, ia sudah berkali-kali mendengar tentang puluhan operasi militer untuk mensterilkan pegunungan Makhmur dari teroris ISIS. Namun, kata al-Shabaawi, kelompok teroris itu masih tetap ada di daerah tersebut.

Ia mengatakan bahwa para teroris ISIS di kawasan itu melakukan pembunuhan dan perampokan. “Oleh karena itu, kami percaya bahwa al-Hashd al-Shaabi adalah satu-satunya kelompok yang bisa menciptakan keamanan dan membebaskan kawasan ini,” tandasnya.

“Ancaman ISIS telah meningkat akhir-akhir ini. Mereka melakukan beberapa operasi serangan dan penculikan,” kata al-Shabaawi kepada al-Maalomah.

“Kami menegaskan bahwa Pemerintah mesti menyerahkan masalah keamanan kawasan ini kepada pasukan al-Hashd al-Shaabi,” lanjutnya.

Suku-suku di Mosul mencemaskan aksi-aksi mencurigakan Tentara AS dan pemindahan anasir ISIS dari Suriah ke daerah mereka.

Seorang anggota Aliansi al-Fath di Parlemen Irak, Muhammad Karim, memberi peringatan terkait dampak negatif pemulangan keluarga ISIS dari kamp al-Haul ke wilayah Irak. Karim berpendapat bahwa langkah ini bisa membuat terorisme kembali menggeliat di Irak.

Karim menjelaskan, kamp al-Haul ditempati sejumlah pemimpin teroris dan para keluarga mereka. Sebab itu, kata Karim, masuknya mereka ke Irak adalah bahaya besar bagi keamanan negara. (af/fars)

Baca Juga:

Israel Disebut Adu Domba Faksi-faksi Resistansi di Irak

Panglima IRGC: Para Pejuang Irak Gembosi Kekuatan AS di Irak

DISKUSI: