Snowden: Ada Kemungkinan HP Biden juga Diretas Spyware Israel

0
414

Washington,LiputanIslam.com-Whistleblower ternama AS, Edward Snowden, mengutarakan komentarnya soal laporan sejumlah media, yang menyebut bahwa telepon genggam pemimpin negara, aktivis, dan jurnalis diretas spyware buatan Israel.

“Klaim NSO bahwa peretasan nomor-nomor telepon AS adalah mustahil, merupakan sebuah kebohongan besar,”kata Snowden, yang dahulu bekerja di Biro Keamanan Nasional AS (NSA).

“Apa yang telah dilakukan terhadap telepon genggam (Emmanuel) Macron juga bisa dilakukan atas telepon genggam (Joe) Biden,”imbuhnya.

NSO Grup pembuat spyware Pegasus sebelum ini mengklaim bahwa dari sisi teknologi, tidak mungkin meretas telepon genggam dengan nomor telepon AS (+1).

Baru-baru ini, sejumlah media seperti Washington Post, Le Monde, dan Guardian membeberkan penggunaan spyware Pegasus. Pegasus adalah salah satu aplikasi spionase terkuat di dunia, yang memiliki lisensi dari perusahaan NSO Group yang bermarkas di Israel.

Sebuah riset menunjukkan, aplikasi ini telah sukses meretas 37 smartphone miliki jurnalis, pejabat pemerintah, dan aktivis HAM di seluruh dunia.

Media-media Barat melaporkan, spyware ini telah dijual ke sejumlah negara Arab di Teluk Persia, seperti Saudi dan UEA.

Sebagian media menyatakan, Presiden Prancis Emmanuel Macron juga menjadi target spyware Israel ini. Kabarnya biro intelijen Prancis telah memperingatkan Macron tentang ini, tapi ia tidak menganggap serius peringatan-peringatan tersebut. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Khazali Sebut PM Irak pun Tak Tahu Jumlah Serdadu AS di Irak

Karzai Sebut Kehadiran AS Perkuat Terorisme di Afghanistan

DISKUSI: