Karzai Sebut Kehadiran AS Perkuat Terorisme di Afghanistan

0
362

Kabul,LiputanIslam.com-Mantan Presiden Afghanistan Hamid Karzai dalam sebuah seminar virtual tentang perdamaian di Afghanistan mengatakan, posisi strategis negaranya telah mendorong negara-negara kuat untuk memanfaatkan geografi ini.

“Namun sejarah heroik bangsa di negeri ini tidak membiarkan Afghanistan menjadi koloni. Rangkaian invasi telah mendatangkan kerugian bagi negara kita, serta menjauhkan kita dari kemajuan-kemajuan industri dunia,”tandas Karzai.

“AS pada tahun 2001 masuk ke negara kita dengan dalih kejadian 11 September. Masyarakat dunia menerima kehadiran asing di negara kita. Meski AS mendapat kemajuan dalam beberapa hal, namun ia memperoleh hasil sebaliknya di kancah militer dan perang melawan terorisme.”

“Proyek perang melawan terorisme berjalan sedemikian rupa, yang berlawanan dengan slogan-slogan yang diusungnya dan justru memperkuat terorisme. Kini, setelah 20 tahun AS angkat kaki di saat kelompok-kelompok teroris baru muncul dan rakyat kita terzalimi,”paparnya.

Di kelanjutan pembicaraannya, Karzai menuntut adanya perdamaian segera di Afghanistan dan menilainya sebagai hal positif bagi Kawasan.

“Pertemuan yang berlangsung di Teheran adalah langkah penting dalam hal ini. Kami berterima kasih banyak kepada saudara-saudara di Iran. Kami berharap bahwa perundingan yang tengah berlangsung di Qatar memberikan hasil yang dikehendaki bangsa Afghanistan,”tandas Karzai. (af/alalam)

Baca Juga:

Iran Buktikan Diri sebagai Tetangga yang Bisa Dipercayai Afghanistan

Poros Resistansi Irak: Cara Ala Afghanistan Cara Terbaik Usir AS

 

DISKUSI: