Skenario Terbaru CIA dan Pentagon Usai AS Dipermalukan Iran

0
206

Teheran,LiputanIslam.com-Dipermalukannya AS oleh serangan rudal Iran pada hari Rabu (8/1) menjadi tajuk utama media-media dunia. Martabat AS kian terjun bebas menyusul penjelasan Jenderal Hajizadeh (komandan pasukan dirgantara IRGC) di hari Kamis (9/1) terkait detail dan aspek-aspek baru dalam serangan balasan Iran tersebut.

Usai tak bisa banyak bicara untuk merespon serangan, pemerintah AS sejak kemarin lusa telah mengadakan sejumlah rapat untuk mengalihkan perhatian dunia dari serangan itu.

Menurut sumber-sumber Barat kepada Tasnim, jatuhnya pesawat Boeing milik Ukraina dijadikan sebagai salah satu kartu Gedung Putih. CIA dan Pentagon lalu ditugaskan untuk menggiring opini umum. Maka, para manajer media-media besar Barat pun diberi briefing untuk itu.

Dalam beberapa jam terakhir, media-media Barat memberi perhatian khusus terhadap isu ini. Pentagon dalam statemennya mengklaim, foto-foto satelitnya cukup meyakinkan bahwa pesawat penumpang Ukraina itu terkena rudal Iran, walau secara “tak sengaja.”

Padahal, pertama: rudal-rudal itu tidak ditembakkan dari Teheran, tapi dari tempat lain yang sangat jauh dari ibukota Iran itu; kedua: hantaman rudal akan menghancurkan pesawat itu, bukan hanya sekedar membakarnya di angkasa. Klip-klip video menunjukkan bahwa pesawat itu terbakar akibat kesalahan teknis dan kemudian jatuh. Bangkai pesawat yang tersisa bisa membuktikan hal ini.

Pertanyaan yang juga patut dilontarkan kepada AS adalah: jika satelit-satelit kalian bisa mengetahui “hantaman rudal” di wilayah itu, kenapa satelit-satelit itu tak sanggup mendeteksi lusinan rudal balistik Iran yang ditembakkan ke Ayn al-Asad dan meredamnya? Pernyataan semacam ini dari Pentagon tentu akan diolok-olok para analis militer.

Kepala Badan Penerbangan Iran sendiri juga telah membantah tegas klaim-klaim tak berdasar dari media Barat ini. Ali Abedzadeh menyatakan, spekulasi-spekulasi itu tidak ilmiah dan tak masuk akal. (af/alalam/tasnim)

Baca Juga:

Iran Sebut Spekulasi Pesawat Ukraina Jatuh karena Rudal Tak Masuk Akal

Iran: Menyerang Pangkalan AS dalam Rangka Pertahanan

DISKUSI: