Iran: Menyerang Pangkalan AS dalam Rangka Pertahanan

0
131

Sumber: al-alam

Tehran,Liputan Islam.com—Duta Besar sekaligus perwakilan tetap Republik Islam Iran untuk PBB, Takht Rouenji, berpendapat bahwa serangan yang dilakukan militer Iran ke arah pangkalan AS di Irak telah sesuai dengan prinsip-prinsip pertahanan.

Dalam sebuah pesan yang ia kirim ke Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dan Presiden Dewan Keamanan PBB pada Rabu (9/1) kemarin, Takht Rouenji, menilai serangan yang dilakukan Amerika terhadap Jenderal Soleimani merupakan tindakan teroris.

Menurutnya, serangan balasan Iran ke Pangkalan Ain al-Assad dan Erbil telah sesuai dengan Pasal 51, Piagam PBB. Ia menegaskan, pemerintah Iran berhak melakukan serangan untuk mempertahankan diri.

Bahkan, menurutnya, operasi militer Iran sangat sesuai dengan tujuan militer yang sesungguhnya, yaitu nihilnya korban sipil dan kerusakan properti milik masyarakat sekitar.

Baca: Konflik Iran-AS Memanas, Rupiah Berpotensi Melemah

Dia menekankan bahwa Republik Islam Iran, sebagai anggota Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bertanggungjawab, berkomitmen untuk tujuan dan prinsip-prinsip yang ditetapkan dalam Piagam PBB, menambahkan bahwa Iran berkomitmen untuk menjaga perdamaian dan keamanan internasional dan menekankan bahwa mereka tidak berusaha untuk meningkatkan ketegangan atau perang. (Fd/Al-Alam)

DISKUSI: