Pompeo Ancam Rusia dan China dengan Sanksi Jika Bertransaksi dengan Iran

0
122

Washington,LiputanIslam.com-Tanpa memedulikan kritik internasional atas tindakan ilegal AS terhadap Iran dan pelanggaran nyata terhadap Resolusi 2231, Mike Pompeo mengancam akan menjatuhkan sanksi atas Rusia dan China.

Usai Washington mengklaim telah mengembalikan sanksi-sanksi PBB atas Teheran, kini Menlu AS melayangkan peringatan kepada Moskow dan Beijing, yang disampaikannya dalam wawancara dengan media yang dekat dengan Partai Republik.

Saat diwawancarai Washington Examiner, Pompeo mengancam akan memberlakukan sanksi atas China dan Rusia jika menjual senjata kepada Iran.

Pompeo beralasan, China dan Rusia layak disanksi karena “mengabaikan resolusi Dewan Keamanan PBB.” Padahal, dengan keluarnya AS secara sepihak dari JCPOA, Washington sendiri telah melanggar Resolusi 2231.

“Keberadaan tank-tank China, atau sistem pertahanan udara China, sistem rudal China di Iran, adalah ancaman bagi rakyat Iran. Dalam level kedua, ancaman bagi penduduk Timur Tengah, dan di level ketiga, ancaman untuk penduduk Eropa,”ujar Pompeo.

China dan Rusia, yang merupakan anggota tetap Dewan Keamanan PBB, juga anggota JCPOA, sudah berulang kali menentang tindakan-tindakan sepihak AS.

Wamenlu Rusia Sergey Riyabkov telah menegaskan bahwa sanksi-sanksi AS tak akan memengaruhi kerjasama Moskow-Teheran. (af/fars)

Baca Juga:

Washington Akui Sudah Putus Asa terhadap Negara-negara Eropa

Balas Tindakan Washington, Presiden Chechnya Jatuhkan Sanksi atas Pompeo

DISKUSI: