Siapakah Orang yang Merobek Gambar Qassem Soleimani di Gaza?

0
161

Gaza,LiputanIslam.com-Harian-harian berbahasa Arab pada 2 minggu lalu memberitakan, seorang bernama Syekh Majdi al-Maghribi ditangkap di Gaza lantaran merobek banner gambar Qassem Soleimani.

Sejumlah media pro-Saudi dan AS di Kawasan menjadikan berita ini sebagai alasan untuk menyudutkan Iran dan Poros Resistansi di Gaza. Mereka berusaha mengesankan bahwa Gaza tidak sejalan dengan Poros Resistansi.

Siapa sebenarnya al-Maghribi? Apa latar belakangnya?

Klip-klip ceramah dari syekh Wahabi ini di masjid-masjid Rafah di Gaza, terutama di awal krisis Suriah, bisa diakses di media-media sosial.

Dia bukan orang yang tak dikenal. Ada banyak ceramah-ceramah pedasnya yang menyerang Syiah, Iran, dan Poros Resistansi, dengan tujuan memprovokasi para pemuda Gaza untuk pergi ke Suriah dan menggulingkan Pemerintahan Bashar Assad.

Al-Maghribi adalah anggota Badan Amal Bin Baz di Gaza. Mayoritas video-video ceramahnya pun dipublikasikan Badan Amal ini di YouTube. Abdulaziz bin Baz adalah salah satu mufti Wahabi di Riyadh, yang merilis fatwa kekafiran Syiah.

Dalam ceramah bertanggal 30 Januari 2015 di sebuah masjid di Rafah, al-Maghribi murka besar karena menemukan buku-buku tentang Sekjen Hizbullah Hasan Nasrullah atau sebagian petinggi Iran (seperti Ahmadinejad) yang dijual di Gaza, juga barang-barang atau kaus bertuliskan nama cucu Rasulullah, Imam Husain, di pasar-pasar Gaza.

Sama seperti Mufti Agung Saudi, al-Maghribi menyebut Syiah sebagai kafir. Ia mengklaim, Syiah tidak menyembah Allah, tapi keluarga Nabi saw. Ia juga menuding kelompok Syiah membantai orang Sunni di Irak, Suriah, dan Lebanon.

Seperti ISIS, al-Maghribi juga menyebut Israel sebagai ‘musuh.’ Namun ia berkata bahwa memerangi Syiah sebagai “musuh laten” lebih diprioritaskan.

Dalam ceramah bertanggal 26 April 2013 berjudul “Suriah Memanggil Anda”, ia menyeru para pemuda Gaza untuk berangkat ke Suriah. Al-Maghribi berujar bahwa AS dan Iran bekerjasama di Suriah untuk membunuhi orang Sunni. Sebab itu, para pemuda Gaza mesti pergi ke Suriah untuk menyelamatkan mereka.

Kemarahan kelompok takfiri di Gaza atas pemasangan billboard Soleimani dan penangkapan al-Maghribi juga dibarengi kemurkaan orang-orang Zionis.

Jubir Tentara Israel, Avichay Adraee pada Selasa pekan lalu me-repost foto billboard Soleimani di laman Twitter-nya dan mencuit,”Foto besar Qassem Soleimani di jalanan Gaza.”

Dengan nada marah, ia menambahkan,”Saya punya pertanyaan dari tuan-tuan di Gaza: apakah kalian berharap Arab akan bersimpati kepada kalian, di saat kalian bersekutu dengan pihak-pihak yang menduduki 4 Ibu Kota negara-negara Arab?” (af/fars)

Baca Juga:

[Video]: Hamas Ringkus Seorang Syeikh Pelaku Penurunan Poster Jenderal Soleimani di Gaza

Ketua Parlemen Iran: Tak Penting AS Kembali atau Tidak Kepada Perjanjian Nuklir

DISKUSI: