Senator-senator AS Ajukan Proposal untuk Melarang Penjualan Drone ke Saudi

0
103

Washington,LiputanIslam.com-Sekelompok senator AS menggulirkan sebuah proposal untuk mencegah penjualan drone-drone bersenjata ke negara-negara seperti Saudi.

“Kita telah menimbun para sekutu di Teluk Persia dengan senjata. Ini mengakibatkan meluasnya kompetisi persenjataan di Kawasan,”kata Lindsey Graham kepada Business Insider.

“Tiap kali kita menjual sesuatu ke Saudi, Iran langsung berusaha membuat tiruannya. Apakah kita benar-benar menginginkan Timur Tengah dibanjiri drone-drone Iran dan Saudi yang beterbangan? Hal semacam ini seperti mimpi buruk,”lanjutnya.

Proposal yang melarang penjualan drone bersenjata canggih ini hanya meliputi negara-negara yang bukan sekutu dekat AS. Israel, Selandia Baru, Korsel, Jepang, dan para sekutu AS di NATO tidak termasuk dalam proposal ini.

Proposal ini mendapat dukungan dari semua pihak, baik Demokrat atau Republik.

Proposal ini diajukan usai Donald Trump pada 2 pekan lalu mengurangi pembatasan terkait ekspor drone bersenjata ke negara-negara lain.

Kemenlu AS mengumumkan, Trump telah menandatangani instruksi yang memungkinkan para kontraktor pertahanan menjual lebih banyak drone ke tentara asing.

Staf Menlu AS untuk Urusan Militer, Clarke Cooper, mengatakan, kebijakan baru ini membantu para sekutu AS untuk memenuhi “kebutuhan mendesak” mereka di bidang perdagangan dan keamanan nasional.

Menurut para pengamat, kebijakan baru ini dicanangkan Pemerintahan Trump untuk mengeruk lebih banyak keuntungan dari penjualan senjata. (af/fars)

Baca Juga:

Bocoran Dokumen Rahasia Strategi Saudi untuk Hancurkan Yaman

Legislator AS: Klaim Upaya Bin Salman Meneror Penentangnya Bisa Dipercaya

DISKUSI: