Senator AS: Trump Bikin AS Kian Terisolasi dan Lemah

0
188

Washington,LiputanIslam.com-Salah satu senator AS menyinggung bencana-bencana yang ditimbulkan Donald Trump sejak ia berkuasa.  Chris Murphy melalui akun Twitter-nya menyatakan Trump telah mengacaukan kebijakan luar negeri AS selama tiga tahun berada di Gedung Putih.

“Di tahun ketiga usai pengambilan sumpah Trump, sudah tiba saatnya untuk kita melihat tiga tahun bencana kebijakan luar negeri pemerintahannya. Trump telah membuat AS kian terisolasi, lemah, dan rentan di tiap penjuru dunia. Presiden berikutnya punya banyak PR untuk mengatasi semua masalah yang timbul ini,”cuit Murphy.

“Trump telah bertindak membabi buta dengan meningkatkan eskalasi dengan Iran. Ia menyebabkan Iran memulai kembali program nuklirnya, serta menyebabkan kian kuatnya eksistensi Iran di Irak, Suriah, dan Yaman. Trump juga telah memosisikan AS di ambang sebuah perang,”lanjutnya.

Senator dari Conneticut ini menambahkan,”Semua tiindakan Trump ini tak menghasilkan apa pun. Kesepakatan nuklir dengan Iran berfungsi dengan baik, tapi dia justru merobek kesepakatan itu, hanya karena ada nama (Barrack) Obama di dalamnya.”

“Apa hasil dari diplomasi tiga tahun Trump dengan Korut? Nihil, kecuali hanya foto bersama. Kim (Jong-un) telah memperoleh semua yang ia inginkan: gudang senjata nuklir Korut telah resmi diakui internasional. Sedangkan aliansi kita engan Korsel dan Jepang kian melemah,”tandasnya.

Terkait Irak, Murphy mengklaim bahwa AS dan koalisinya nyaris mengalahkan ISIS di Irak. Namun Trump mengacaukannya dengan pembunuhan atas Qassem Soleimani.

“Koalisi anti-ISIS ditangguhkan, dan pasukan AS juga dituntut untuk angkat kaki dari Irak. Kini Trump justru menambah panas suasana dengan mengancam akan menjatuhkan sanksi atas Irak,”cuit Murphy. (af/alalam)

Baca Juga:

Suplai Senjata AS ke Irak Akan Dihapus, Pilih Rusia dan Dua Negara Lain Sebagai Gantinya

Pemimpin Dunia Minta Gencatan Senjata Permanen di Libya

DISKUSI: