Suplai Senjata AS ke Irak Akan Dihapus, Pilih Rusia dan Dua Negara Lain Sebagai Gantinya

0
190

Sumber: Al-Alam

Baghdad,Liputan Islam.com—Komite keamanan dan pertahanan parlemen Irak mengungkap pada Senin (20/1) bahwa delegasi khusus Irak akan mengunjungi tiga negara, Rusia, Cina, dan Ukraina, untuk membeli sistem persenjataan canggih guna melindungi wilayah udara Irak dari ancaman agresi di masa depan.

” Delegasi khusus Irak berniat untuk mengunjungi Cina, Rusia, dan Ukraina untuk membuat kesepakatan suplai sistem keamanan modern untuk melindungi wilayah udara Irak,” ucap Badr Al-Zayadi, seperti dikutip al-Alam.

Ia menyebut, saat ini parlemen sedang bekerjasama dengan eksekutif untuk membentuk tim delegasi khusus guna menandatangani kontrak pembelian dengan negara-negara maju.

Baca: Ini Komentar Muqtadha al-Sadr Tentang Ekskalasi Demonstran di Irak

“Ada banyak negara yang telah menyatakan kesiapannya untuk menyuplai Irak dengan sistem canggih,” tambahnya, sambil menekankan bahwa cara ini adalah yang terbaik untuk menghindari praktik korupsi pembelian senjata ke Irak oleh para mediator.

Ia menyatakan kekecewaannya terhadap perjanjian yang telah dibangun bersama dengan Amerika Serikat (AS) untuk memperkuat pertahanan Irak. Meski telah menghabiskan banyak dana, namun perjanjian dengan AS dinilai tak kunjung membuahkan hasil. (Fd/Al-Alam)

DISKUSI: