Sempat Berkelit, Gedung Putih Klaim Biden Siap Bertemu Putin

0
634

Washington,LiputanIslam.com-Setelah sebelumnya mengklaim Joe Biden sangat sibuk, kini Gedung Putih menyatakan bahwa Presiden AS akan bertemu dengan Presiden Rusia di waktu yang tepat.

“Dia (Biden) tidak akan mundur. Ia akan bicara sangat transparan soal ini (hubungan AS-Rusia),”kata Jubir Gedung Putih, Karine Jean-Pierre kepada wartawan.

Dalam wawancara panjang dengan stasiun televisi ABC News pada Selasa 16 Maret lalu, Biden menyebut Putin sebagai “pembunuh”. Ia pun mengklaim bahwa Putin akan menerima ganjaran “lantaran mengintervensi Pilpres AS”.

Menanggapi statemen Biden, Putin mengundangnya untuk berdialog dalam sebuah siaran langsung.

“Saya ingin mengundang Presiden Biden untuk melanjutkan dialog. Namun syaratnya, kami harus melakukannya secara live, tanpa adanya jeda (dalam pembicaraan), langsung, dan terbuka.”

Awalnya, Gedung Putih sempat menghindar untuk menanggapi tantangan Putin. Jubir Gedung Putih, Jennifer Psaki berdalih bahwa Presiden AS tidak punya waktu karena sangat sibuk dengan urusan-urusan lain.

Kepada para jurnalis, Psaki mengaku dirinya tidak tahu soal pertemuan mendatang Biden, baik daring atau luring, sebab programnya sudah sangat padat.

“Kami menjalin kontak dengan para pemimpin Rusia dan anggota Pemerintah Rusia di semua level. Namun (saat ini) tak ada yang bisa saya laporkan terkait pertemuan-pertemuan mendatang. Presiden (Biden) akan berada di Georgia dan dia sangat sibuk,”kata Psaki. (af/alalam)

Baca Juga:

Gedung Putih: Biden Tak Menyesal Sebut Putin “Pembunuh”

Begini Cara Putin Tanggapi Hinaan Biden kepada Dirinya

DISKUSI: