Sekutu AS Kurangi Jumlah Pasukannya di Irak Hingga Separuh

0
201

Baghdad,LiputanIslam.com-Harian terbitan AS, New York Times, melaporkan, saat ini jumlah serdadu AS di Irak sekitar 5.200 orang. Namun Pentagon meyakini bahwa misi AS di negara itu bisa dilaksanakan oleh separuh dari jumlah serdadu tersebut.

Seraya mengungkit keinginan Washington untuk mempertahankan pasukannya di Irak, New York Times menulis,”Pentagon tak ingin mempertahankan pasukannya di Irak lebih dari jumlah minimal yang dibutuhkan.”

Menurut harian ini, alasan dari keputusan Pentagon ini adalah dijadikannya serdadu AS sebagai target serangan di Irak. Dalam satu kasus di bulan Maret lalu, 3 orang tewas dan 14 lainnya terluka akibat serangan. 2 orang dari yang tewas itu adalah serdadu AS.

Karena Pentagon percaya bisa menjalankan tugasnya dengan separuh jumlah serdadu sekarang, pasukan AS di Irak akan dipangkas menjadi 2.500 hingga 3.000 orang. Namun hingga kini Pentagon belum menentukan jadwal waktu pengurangan pasukannya.

New York Times juga melaporkan, 29 negara yang tergabung dalam Koalisi Internasional telah mengurangi jumlah pasukan mereka hingga separuh. Kini jumlah serdadu sekutu AS di Irak hanya 1.200 orang. (af/fars)

Baca Juga:

Angkatan Bersenjata Irak: Kami Tak Butuh Pasukan Asing untuk Hadapi ISIS

Iran Membuat lagi Replika Kapal Induk AS untuk Latihan Perang

DISKUSI: