Iran Membuat lagi Replika Kapal Induk AS untuk Latihan Perang

0
113

Beirut, LiputanIslam.com –  Iran dilaporkan telah membuat replika kapal induk yang diduga akan dipakai sebagai target serangan dalam latihan perang.

Dalam beberapa foto satelit yang diambil oleh Maxar Technologies dan beredar pada hari  Selasa (9/6/2020) terlihat satu kapal induk dengan satu skuadron pesawat tempur mengapung  di sebuah pelabuhan di Iran selatan.

Kapal itu menyerupai kapal induk kelas Nimitz milik AS, namun dengan ukuran yang lebih kecil, yaitu panjang 198 meter dan lebar 48  meter, sedangkan aslinya berukuran lebih dari 300 meter dengan lebar 75 meter.

Fox News menyebutkan bahwa Iran membuat replika kapal induk itu untuk dijadikan target gempuran dalam latihan militer yang dilakukan untuk menghadapi kemungkinan pecahnya perang di kawasan Teluk Persia sehubungan dengan meningkatnya ketegangan negara ini dengan Amerika Serikat (AS).

Menurut Fox News,  replika itu sepenuhnya identik dengan kapal induk Nimitz, dan di atasnya terlihat jelas 16 jet replika penyerang dan multi-tugas terparkir di atas geladaknya. Replika ini memperlihatkan bahwa Iran berusaha mengimplementasikan operasi replika kapal induk itu di sebelah Selat Hormuz, yang menjadi perlintasan 20% minyak dunia.

Pada Februari 2015 Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) juga pernah menampilkan replika kapal induk AS yang kemudian dipakai dalam latihan tempur bersandi “Nabi Besar”, yang antara lain menampilkan adegan di mana kapal-kapal cepat Iran mengepung dan menggempurnya.

Komandan IRGC, Mayjen Hossein Salami, pada akhir bulan lalu menyatakan bahwa kemampuan pertahanan negaranya ada yang terpublikasi dan ada pula yang sengaja disembunyikan, dan yang disembunyikan itu merupakan bagian yang terpenting dan paling berbahaya.

Dia memastikan bahwa kekuatan yang tersembunyi itu baru akan terlihat jika musuh menyerang, “karena akan melihat neraka ketika terbakar dari semua sisi”. (mm/amn/an)

DISKUSI: