SDF Kuasai Sekolah-sekolah di Utara Suriah dan Ajarkan Separatisme

0
130

Damaskus,LiputanIslam.com-Milisi SDF (Syrian Democratic Forces) baru-baru ini dikabarkan telah menguasai 137 dari total 213 sekolah di utara Suriah.

Dalam laporan kantor berita SANA disebutkan, tujuan dari milisi dukungan AS ini adalah menghalangi perkembangan pemikiran dan wawasan para siswa Suriah, serta mendoktrinkan pemikiran-pemikiran separatisme melalui kurikulum yang sebagian besarnya masih misterius.

Kepala Pusat Statistik Pendidikan Hasakah, Dahham Fayyadh al-Ula, mengatakan,”Elemen-elemen SDF dalam beberapa tahun terakhir mengendalikan semua sekolah dan asramanya di kota-kota Ramilan, al-Malikiyah, al-Yaarabiyah, dan Tel Humais, juga sekolah-sekolah utama Dinas Pendidikan di kampung-kampung al-Qamishli. Tahun ini, SDF telah menguasai 19 dari total 31 sekolah menengah atas al-Qamishli.”

Terkait hal ini, Kepala Dinas Pendidikan al-Qamishli, Hasan al-Husain mengatakan kepada SANA,”Dinas Pendidikan akan membentuk Komite Darurat untuk mengatasi problem yang dipicu berkuasanya SDF atas sejumlah sekolah. Komite ini akan mendaftar semua pelajar di seluruh sekolah di bawah Dinas Pendidikan Provinsi Hasakah.”

Menurut SANA, SDF menggunakan senjata untuk mengancam guru-guru yang menentang kurikulumnya, serta mengeluarkan mereka dari sekolah. Para wali murid menyatakan, tindakan SDF ini mengingatkan pada perbuatan Turki di Koubani dan Raas al-Ayn, yang mempertahankan status buta huruf warga di sana. (af/tasnim)

Baca Juga:

Serangan Masif Israel ke Suriah, Sasar Target-target Iran?

Brigade Quds Palestina Ikut Perangi ISIS di Suriah

DISKUSI: