Saudi Didesak segera Bebaskan Tahanan Palestina

0
445

Gaza,LiputanIslam.com-Ketua Kantor Politik Hamas di luar negeri, Khalid Meshal mengecam vonis yang dijatuhkan pengadilan Saudi dan mendesak pemerintah negara itu untuk segera membebaskan para tahanan asal Palestina dan Yordania.

Ketua Komite Tahanan Yordania di Saudi, Khidhr al-Masayikh mengatakan bahwa Pengadilan Riyadh menjatuhkan vonis dari 6 bulan hingga 22 tahun atas 69 tahanan dari Palestina dan Yordania. Pengadilan juga hanya mengizinkan satu orang kerabat dari tiap tahanan untuk hadir di sidang.

“Dalam pandangan kami, masih ada kesempatan untuk menutup berkas para tahanan Palestina dan Yordania di Saudi. Setelah berakhirnya aspek hukum dari berkas ini dengan vonis yang menyakitkan, saya berharap kita bisa melewati krisis ini dengan sebuah tindakan politik,” kata Meshal dalam pesan suara yang ditujukan kepada pihak keluarga para tahanan.

Ia memberi tahu keluarga para tahanan bahwa semenjak awal krisis ini, segala upaya melalui mediator dan para pengambil keputusan di dalam Saudi telah dikerahkan untuk mengakhiri masalah ini. Meshal menegaskan, upaya-upaya ini akan terus berlanjut hingga semua tahanan kembali ke rumah mereka.

Pemerintah Saudi pada Februari 2019 menangkap lebih dari 60 warga negara Palestina dan Yordania yang menetap di negara tersebut. Di antara mereka adalah Wakil Hamas, Muhammad al-Khudhari, yang ditahan atas dakwaan memberikan dukungan finansial untuk para pejuang Palestina.(af/fars)

Baca Juga:

Wakil Hamas Divonis 15 Tahun Penjara di Saudi, Faksi-Faksi Palestina Kutuk Riyadh

Panglima IRGC: Kami Menunggu Kesalahan Israel untuk Dapat Memusnahkannya

 

DISKUSI: