Saudi dan UEA Sogok Palestina agar Setujui Normalisasi dengan Israel

0
108

Riyadh,LiputanIslam.com-Sumber-sumber Israel mengabarkan, Pemerintah UEA, Saudi, Bahrain, dan Mesir beberapa bulan lalu telah membujuk Pemerintah Otonomi Nasional Palestina (PNA) agar tidak menentang normalisasi dengan Israel.

Menurut laporan harian Globes, pembicaraan ini dilakukan secara diam-diam. Riyadh dan Abu Dhabi berjanji, jika Palestina tidak menentang normalisasi, maka proses aneksasi Tepi Barat akan dihentikan dan perundingan dengan Israel akan dimulai.

Saudi dan UEA juga menawarkan proyek ekonomi besar kepada Ramallah. Salah satunya adalah investasi besar di sektor infrastruktur, dibukanya kanal perdagangan, dan penjualan minyak serta gas dengan harga murah kepada Palestina.

Abu Dhabi dan Riyadh juga menjanjikan pembangunan kota-kota industri besar dan lapangan kerja bagi ribuan insinyur serta akademisi Palestina di perusahaan-perusahaan Arab di Teluk Persia.

Menurut harian berbahasa Ibrani ini, PNA juga ditawari bantuan agar bisa berkuasa kembali di kawasan Gaza.

Saudi dan UEA berjanji pula kepada PNA untuk melaksanakan Kesepakatan Ekonomi Paris yang dibuat tahun 1994.

Meski demikian, tulis Globes, PNA menyebut semua tawaran ini tidak mungkin diwujudkan, sehingga mereka pun menolaknya.

UEA mendeklarasikan normalisasi hubungan dengan Israel pada 13 Agustus lalu, yang memicu kecaman PNA dan kelompok-kelompok Palestina lain. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Bahrain Jalin Hubungan dengan Israel, Palestina Tarik Dubesnya dari Manama

Liga Arab Dilanda “Pertempuran Sengit” Mengenai Nomalisasi Arab-Israel

DISKUSI: