Satu lagi Penjara Israel Dibakar oleh Tahanan Palestina

0
261

Ramallah,LiputanIslam.com-Media-media Palestina pada hari Rabu (8/9) kemarin mengabarkan, para tahanan telah membakar sektor IV dan V penjara Ramon.

Tindakan ini dilakukan tepat setelah kebakaran terjadi di sektor VI penjara Nageb.

Media-media Israel melaporkan, kondisi di penjara-penjara Rezim Zionis menunjukkan bahwa konflik di sana terus berlanjut.

Badan Keamanan dan Intelijen Internal Israel, Shin Bet, mengumumkan bahwa pihaknya siap untuk menghadapi kerusuhan di penjara-penjara lain. Shin Bet memperkirakan, kemungkinan besar aksi-aksi serupa akan dilakukan di penjara-penjara lain.

Setelah lolosnya 6 tahanan Palestina dari penjara Gilboa dengan cara menggali terowongan, muncul pertanyaan bagaimana mereka menyembunyikan dan membuang tanah sisa galian?

Pertanyaan ini pun diajukan PalToday kepada mantan tahanan Palestina dan pakar urusan tawanan, Raafat Hamduneh.

Ada 2 kemungkinan yang dijabarkan Hamduneh terkait cara membuang tanah sisa galian itu. Ia menjelaskan, kamar mandi di penjara-penjara Rezim Zionis berbeda dengan kebanyakan kamar mandi lain. Di kamar-kamar mandi penjara, ada sebuah pipa besar terbuka yang memindahkan air ke luar. Ada kemungkinan bahwa para tahanan itu mengguyur tanah sisa galian dengan air melalui pipa-pipa itu, yang tentu dilakukan sedikit demi sedikit dan secara bertahap.

Terkait kemungkinan kedua, Hamduneh menduga bahwa para tahanan menaruh tanah sisa galian di plastik-plastik sampah dan mengirimnya keluar. Cara ini juga membutuhkan waktu lama, karena mereka harus mencampur tanah galian dalam jumlah sedikit dengan sampah-sampah lain di penjara, baru kemudian membuangnya.

Bobolnya penjara Gilboa dinilai sebagai hantaman telak untuk sistem keamanan Israel yang selama ini diklaim “salah satu yang terbaik di dunia.” (af/fars)

Baca Juga:

Jenderal Israel Ungkap Bagaimana Iran Menggalang Kekuatan untuk Musnahkan Israel

Laksamana Sunni Iran: Pertama Kali, Iran akan Membuat Mesin Propeller Sendiri

DISKUSI: