Sanaa: Saudi Ciptakan Bencana Kemanusiaan karena Menyita BBM Yaman

0
91

Sanaa,LiputanIslam.com-Perusahaan minyak Pemerintah Yaman pada hari Minggu (21/6) menyebut kemungkinan terjadinya bencana kemanusiaan di negara tersebut, yang diakibatkan kian menipisnya stok BBM.

Hal ini dipicu oleh tindakan Koalisi Saudi yang menahan 15 kapal pembawa BBM dan tidak mengizinkannya merapat di pelabuhan al-Hudaydah.

Menurut laporan al-Masirah, dalam jumpa pers yang diadakan di depan gedung kantor PBB di Sanaa, perusahaan minyak Yaman menyatakan,”Negara-negara agresor masih terus menahan hampir 240 ribu ton bensin dan solar. Padahal kapal-kapal itu telah mendapat izin dari PBB di Jibouti sejak 90 hari lalu. Koalisi juga menahan kapal-kapal pemuat bahan makanan dan gas.”

“Cadangan bensin dan solar perusahaan minyak (Yaman) sudah mencapai tahap krisis. Stok yang ada tidak memadai untuk memenuhi kebutuhan sektor paling vital. Ini bisa berujung pada penutupan sektor-sektor lain,”tambah perusahaan minyak Yaman.

Perusahaan minyak Yaman menganggap PBB dan Koalisi Saudi bertanggung jawab atas krisis yang akan dihadapi negara tersebut; krisis yang dipicu oleh tidak aktifnya berbagai sektor akibat penahanan kapal pemuat BBM.

PBB di Jibouti mengelola markas inspeksi dan verifikasi barang-barang yang menuju pelabuhan yang dikendalikan Pemerintah Yaman. Tujuannya untuk meyakinkan bahwa sanksi PBB terkait persenjataan tidak dilanggar. (af/alalam)

Baca Juga:

Pemimpin Ansarullah Yaman Ingatkan Keberpihakan Saudi dan UEA  kepada Israel

PBB Hapus Koalisi Arab dari Daftar Hitam, Begini Kecaman Ansarullah Yaman

DISKUSI: