Salah Identifikasi, Iron Dome Hancurkan Drone Milik Israel Sendiri

0
545

TelAviv,LiputanIslam.com-Harian Israel, Haaretz membeberkan bahwa sistem pertahanan udara Rezim Zionis justru menembak jatuh drone milik sendiri dalam Perang 12 Hari lalu.

Menurut laporan Haaretz, Tentara Israel tengah menyelidiki insiden tak lazim ini, yang telah memicu kekhawatiran di tengah Angkatan Udara Rezim Zionis. Insiden ini memunculkan keraguan soal kemampuan Tentara Israel untuk menjalani perang jangka panjang tanpa mencederai pasukannya sendiri di medan tempur.

Laporan ini menyebutkan, dalam perang dengan kelompok-kelompok perlawanan Palestina lalu, sistem Iron Dome mencegat sebuah drone Israel, setelah keliru mengidentifikasinya sebagai target musuh.

Haaretz menulis, drone itu adalah varian Sky Rider yang digunakan untuk menjalankan misi pengintaian dan pengumpulan informasi.

Kinerja Iron Dome di Israel tengah diperdebatkan secara luas, meski sistem pertahanan udara itu telah menghabiskan biaya besar untuk produksinya.

Setelah munculnya laporan soal hantaman rudal di dekat fasilitas nuklir di Dimona, Militer Israel secara resmi mengumumkan bahwa sistem pertahanan udaranya gagal mencegat rudal yang ditembakkan dari arah Suriah.

Sejumlah serdadu Israel dikabarkan terjangkit penyakit kanker, usai berakhirnya masa tugas mereka di Satuan Iron Dome.

Yedioth Ahronoth telah mewawancarai 10 serdadu Zionis yang mengidap kanker setelah bekerja di Satuan Iron Dome. Sebagian dari mereka telah mengadukan Kementerian Perang Israel atas masalah ini.

Menurut harian Zionis ini serdadu Israel menjuluki Iron Dome dengan sebutan “toaster”. Seorang serdadu Israel, Ran Mazor mengatakan, setahun setelah keluar dari Militer Israel, diketahui bahwa ia mengidap kanker tulang. Namun Militer Israel tidak mengindahkan pengaduan yang diajukannya. (af/fars)

Baca Juga:

Menteri Israel Ancam Sinwar dengan Teror

Sayid Nasrallah: Keberanian Pejuang Gaza Telah Menciptakan Perimbangan Baru

DISKUSI: