Rusia Tak akan Terburu-buru Hapus Taliban dari Daftar Terorisme

0
477

Moskow,LiputanIslam.com-Wamenlu Rusia Oleg Syromolotov menyatakan, Moskow sama sekali tidak tergesa-gesa untuk mengeluarkan Taliban dari daftar kelompok teroris.

Dalam wawancara dengan RIA Novosty, Syromolotov bicara soal sikap Rusia tentang Taliban yang kini berkuasa di Afghanistan. Ia berkata,”Kami tidak berencana terburu-buru untuk menghapus Taliban dari daftar organisasi-organisasi teroris dan mengakuinya. Kami fokus pada langkah-langkah praktis para pejabat baru Afghanistan dan keputusan-keputusan Dewan Keamanan PBB.”

Syromolotov menyatakan, Taliban mengumumkan akan mengakhiri permusuhan. Taliban juga mengaku akan memaafkan para pejabat dan warga Afghanistan yang melayani AS dan sekutu NATO di negara tersebut. Kelompok ini juga menyatakan akan menghormati hak-hak wanita dalam bingkai sistem hukum Islam.

“Kami juga menganggap penting jaminan dari Taliban untuk tidak membiarkan wilayah Afghanistan dijadikan tempat untuk menyerang negara ketiga,”imbuh Syromolotov.

Sebelum ini, Menlu Rusia Sergei Lavrov bicara soal penerimaan pengungsi Afghanistan. Ia berkata, Moskow akan bertindak sesuai komitmennya berdasarkan hukum internasional kemanusiaan.

Ia meminta dari semua pihak di Afghanistan untuk segera memulai perundingan nasional terkait perpindahan kekuasaan.

Banyak negara-negara dunia, termasuk Uni Eropa, yang secara terbuka menyatakan tidak mengakui Taliban, setelah kelompok ini mengambil alih kekuasaan di Afghanistan. (af/fars)

Baca Juga:

Taliban Ampuni Ahsraf Ghani dan Siap Pulihkan Hubungan dengan Semua Negara

Menakar Keseriusan Janji Taliban Soal Toleransi

DISKUSI: