Rusia: Putus Bantuan untuk WHO, AS akan Kehilangan Hak Suara di Sidang Kesehatan Dunia

0
152

Moskow,LiputanIslam.com-Wakil Menlu Rusia Alexander Pankin menyatakan, penghentian bantuan AS untuk WHO tidak akan melumpuhkan organisasi tersebut. Namun imbasnya adalah Washington tidak memiliki hak suara di Sidang Kesehatan Dunia.

“Saat ini, sulit untuk menilai  dampak dari keputusan Pemerintah AS yang menghentikan bantuan untuk WHO. Yang pasti, keputusan itu akan memengaruhi WHO, namun tidak sampai menyebabkan efek yang fatal,”kata Pankin, seperti dilansir Sputnik.

“Dengan melihat evaluasi partisipasi berdasarkan piagam WHO, penghentian bantuan (oleh AS) akan mengakibatkan hilangnya hak suara di Sidang Kesehatan Dunia, yang merupakan pengambil keputusan tertinggi di WHO,”lanjut.

Oleh karena itu, kata Pankin, mungkin saja AS tidak akan sepenuhnya menghentikan bantuan untuk WHO, tapi hanya menghentikan partisipasi sukarelanya saja.

Ia menegaskan, Pemerintah AS masih berhutang sekitar 200 juta dolar kepada WHO.

Beberapa waktu lalu, Donald Trump mengklaim bahwa WHO tidak cukup transparan dalam memberikan informasi terkait Corona. Dia juga menuding WHO bekerjasama dengan China dalam menyembunyikan informasi.

Trump mengancam akan menghentikan bantuan untuk anggaran WHO, yang pada tahun lalu bernilai 15 persen dari keseluruhan anggaran organisasi kesehatan tersebut. (af/alalam)

Baca Juga:

Lavrov: Sebagian Negara Menyudutkan WHO demi Menjustifikasi Inkompetensi Mereka

Bantah Klaim Washington,WHO: Sejak Awal AS Miliki Akses ke Informasi Soal Corona

DISKUSI: