Bantah Klaim Washington,WHO: Sejak Awal AS Miliki Akses ke Informasi Soal Corona

0
471

Washington,LiputanIslam.com-Direktur WHO menanggapi kritik dan tudingan Pemerintah AS terhadap lembaganya. Tedros Adanom menyatakan, Washington sejak hari pertama sudah mengetahui hal-hal terkait penyebaran virus Corona di Wuhan.

“Sejak hari pertama, kami sudah memperingatkan bahwa (Corona) ini adalah iblis yang mesti diperangi semua pihak,”kata Adhanom, seperti dilansir Reuters.

Virus baru Corona, yang kini dinamai SARS-2, pertama kali muncul akhir tahun lalu di Wuhan, China. Setelah menginfeksi sedikitnya 2,4 juta orang dan menewaskan 165 ribu orang di seluruh dunia, kini Corona menjadi pandemi dan krisis global.

Dalam jumpa persnya, Adhanom membenarkan keberadaan para pakar AS di WHO.

Sekelompok pakar dan spesialis AS yang berada di markas WHO memberikan laporan langsung kepada pemerintah AS. Keberadaan para spesialis dan pakar dari negara-negara lain di WHO bukan hal aneh, karena banyak negara yang juga mengutus pakarnya ke lembaga ini.

WHO mengumumkan, sebanyak 15 pegawai Pusat Pencegahan dan Pembasmian Penyakit AS (CDC) bekerjasama dengan pihaknya.

“Keberadaan pegawai CDC menunjukkan bahwa sejak awal kami tidak menyembunyikan apa pun dari AS, sebab mereka adalah orang-orang Amerika yang bekerja dengan kami,”kata Adhanom.

Baru-baru ini Trump membekukan bantuan dana AS untuk WHO. Dia mencap WHO tidak kompeten dalam menangani pandemi Corona, juga menudingnya tidak transparan terkait pusat penyebaran awal Corona di Wuhan. (af/alalam)

Baca Juga:

Keputusan Trump Hentikan Bantuan ke WHO Menuai Protes Global

Militan Dukungan UEA Curi Bantuan Medis WHO di Aden-Yaman

 

DISKUSI: