Lavrov: Sebagian Negara Menyudutkan WHO demi Menjustifikasi Inkompetensi Mereka

0
397

Moskow,LiputanIslam.com-Keputusan Donald Trump untuk membekukan bantuan bagi WHO mendapat respons dari Menlu Rusia. Sergey Lavrov menyatakan,”Moskow berpendapat, sejumlah negara menyerang WHO dengan tujuan menjustifikasi reaksi lamban dan tak memadai mereka dalam menghadapi Corona.”

Menurut Lavrov, sebagai koordinator kebijakan-kebijakan medis, WHO tengah menjalankan tugasnya, meski tidak semua tindakannya ideal.

Dalam sebuah acara di salah satu televisi Pemerintah Rusia, Lavrov menegaskan, harus diingat bahwa tugas WHO sudah jelas dan dieksekusi oleh negara-negara dunia. Hingga akhir-akhir ini, kata Lavrov, tak ada keluhan soal kinerja WHO.

Para pejabat AS, termasuk Trump, secara rutin menuding China menyembunyikan informasi soal Corona dan melakukan sosialisasi yang tidak akurat. Tudingan ini telah berkali-kali dibantah keras oleh Beijing.

Trump baru-baru ini mengumumkan pembekuan bantuan AS untuk WHO di saat paling genting, yaitu di masa penyebaran pandemi Corona. Dia mengklaim, WHO mencerminkan pendirian China terkait masalah pandemi. Keputusan Trump ini menuai banyak kecaman.

Hingga kini, virus Covid-19 yang telah dinyatakan WHO sebagai pandemi, telah menginfeksi lebih dari 2,8 juta orang di seluruh dunia. Lebih dari 198 ribu orang kehilangan nyawa akibat virus tersebut. AS menduduki peringkat pertama di dunia untuk angka kasus positif dan kematian akibat Corona. (af/alalam)

Baca Juga:

Rusia: Kita Butuh Dunia Tanpa Embargo untuk Melawan Corona

Kemlu Rusia Bantah Peluncuran Satelit Iran Langgar Perjanjian Nuklir

DISKUSI: