Rusia Kirim Bantuan untuk Perkuat Khalifah Haftar di Libya

0
38

Ilustrasi pasukan Rusia di Libya. Sumber foto: AA

Tripoli,LiputanIslam.com—Menurut keterangan Wall Street Journal (WSJ) para kontraktor militer khusus telah diterjunkan dari Rusia untuk menolong Haftar mengambil alih ladang minyak terbsesar di Libya.

Menurut laporan AA pada Senin (29/6) lalu, Rusia telah mengirim bala bantuan ke Libya untuk menolong Khalifa Haftar. Para pejabat AS menganggap Rusia bisa dengan mudah mengirim senjata dan pasukan untuk memperkuat Khalifa Haftar, terlebih usai sejumlah pesawat kargol Rusia meningkatkan pergerakannya dari pangkalan Rusia di Suriah menuju Libya dalam beberapa minggu terakhir.

Sumber yang sama menyebut Rusia juga telah mengirim sejumlah jet tempur MiG-29 dan sebuah sistem radar tingkat tinggi.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Rusia enggan memberikan respon terkait hal ini karena menurut Rusia, para kontraktor militer itu tidak merepresentasikan sikap pemerintah Rusia.

Menurut keterangan dari Reuters, Minggu lalu, para pasukan Rusia telah menduduki wilayah Sharara dan mengendalikan ladang minyak di wilayah itu. Langkah ini membuat Korporasi Minyak Nasional Libya (NOC) batal untuk kembali mengaktifkan ladang minyak sharara dan El-Feel.

Sampai saat ini, NOC masih bersikukuh agar pihak-pihak yang bertikai di Libya segera mencabut blokade atas aktivitas industri minyak dan proses pekerjaan bisa kembali berlanjut. (fd/RT/AA)

Baca juga:

Ketua Parlemen Libya Timur Serukan Intervensi Militer Mesir

Turki Mengaku Tak Akan Mundur Meskipun Mesir Terlibat dalam Perang Libya

 

DISKUSI:
SHARE THIS: