Rusia Kecam AS yang Umbar Ancaman ke Iran

0
361

Teheran,LiputanIslam.com-Dalam pertemuan Dewan Gubernur IAEA baru-baru ini, Wakil AS mengklaim bahwa Iran tidak bersikap kooperatif dengan badan internasional tersebut. Ia pun mengancam bahwa Dewan Gubernur IAEA bisa saja mengadakan rapat luar biasa untuk menindak sikap Teheran.

Pernyataan Wakil AS ini direspons keras oleh Wakil Rusia untuk organisasi-organisasi internasional di Wina, Mikhail Ulyanov.

“Saya melihat bahwa ini menunjukkan mitra-mitra AS kami sudah kehilangan kesabaran. Namun saya berkeyakinan, kita harus mengontrol gejolak emosi kita,” kata Ulyanov dalam jumpa pers bersama kolega China-nya.

“Saya tidak menyambut baik statemen Wakil AS (di IAEA) ini. Sangat tidak konstruktif,”imbuhnya.

Ulyanov menyatakan, AS sudah lama tidak berunding dengan Iran. Sebab itu, Washington lupa bahwa orang-orang Iran tidak sudi bekerja jika berada dalam tekanan. Mereka akan melawan jika diintimidasi, kata diplomat senior Rusia itu.

Putaran pertama perundingan Wina di era Presiden baru Iran Ebrahim Raisi akan diadakan para 29 November mendatang. Iran mengumumkan, upaya untuk mencabut semua sanksi adalah agenda terpenting delegasi yang diutusnya ke Ibu Kota Austria. (af/fars)

Baca Juga:

Foto-Foto Ledakan Pelabuhan Beirut akan Diserahkan Rusia kepada Lebanon

Iran Kecam Gerakan AS dan Eropa Anti-Iran Menjelang Perundingan Wina

DISKUSI: