Foto-Foto Ledakan Pelabuhan Beirut akan Diserahkan Rusia kepada Lebanon

0
198

Beirut,LiputanIslam.com- Seperti yang diketahui, lebih dari 190 orang tewas dan 6.500 terluka akibat insiden ledakan Pelabuhan Beirut pada 4 Agustus 2020 lalu.

Setelah kejadian itu, Lebanon berusaha meminta bukti foto-foto satelit mengenai ledakan tersebut. Beirut pernah mengajukan ke beberapa negara seperti Italia dan Prancis, namun tidak ada respons.

Mantan PM Lebanon, Hasan Diab mengatakan, “Seharusnya mereka menyerahkan foto-foto itu kepada kita, tetapi hal ini tidak dilakukan. Saya tidak tahu alasannya.”

Pada akhirnya, Rusia telah memberikan respons sehubungan dengan permintaan foto-foto satelit oleh Lebanon di hari Rabu (17/11).

Stasiun televisi al-Mayadeen mengabarkan, Lembaga Luar Angkasa Federal Rusia memberitahukan bahwa semua foto satelit yang ada untuk pelabuhan Beirut, baik sesudah atau sebelum ledakan, akan diberikan kepada Lebanon.

Lebanon pada Oktober lalu secara resmi memohon kepada Rusia untuk mendapatkan foto-foto satelit terkait ledakan dahsyat di pelabuhan Beirut.

Permohonan ini disampaikan Presiden Lebanon, Michel Aoun ketika berjumpa dengan Dubes Rusia, Alexander Rudakov.

Permintaan tersebut diajukan beberapa hari setelah Presiden Rusia, Vladimir Putin menyatakan bahwa Moskow siap membantu Beirut.

”Kami akan mempelajari cara membantu investigasi ledakan pelabuhan Beirut. Jika ada foto-foto satelit, kami akan memberikannya,” kata Putin saat itu. (af/fars)

Baca Juga:

Heboh George Kordahi, Hizbullah: Kehormatan Lebanon Tak Dapat Perdagangkan

AS Kutuk Ujicoba Senjata Rusia Anti-Satelit

 

DISKUSI: