Rusia: Kampanye Hitam di Bucha Sama Seperti Kampanye White Helmets di Suriah

0
256

Moskow,LiputanIslam.com-Menlu Rusia Sergey Lavrov menegaskan kepalsuan peristiwa-peristiwa di kota Bucha, Ukraina. Ia menegaskan, propaganda pendiskreditan Rusia di Bucha mirip dengan propaganda White Helmets di Suriah.

“Kami tahu siapa pihak-pihak yang menyarankan Ukraina untuk memperluas kekerasan dan konflik di lapangan,”kata Lavrov.

“Kami berharap delegasi negosiator Ukraina berkomitmen kepada kepentingan negara dan rakyatnya, bukan kepentingan negara-negara lain,”imbuhnya.

Di pihak lain, seorang pejabat Pentagon pada hari Senin mengatakan, AS tidak bisa membenarkan klaim Ukraina bahwa Tentara Rusia telah membunuh warga sipil.

Reuters melaporkan, pejabat anonim itu menyatakan bahwa negaranya tidak berada dalam posisi untuk mengkonfirmasi secara independen laporan Ukraina soal kejadian di Bucha. Namun, imbuhnya, AS juga tidak punya bukti untuk membantahnya.

“Kami melihat foto-foto yang seperti kalian lihat. Kami tidak punya dalil untuk menyangkal klaim-klaim Ukraina terkait kejahatan yang tentu saja menyedihkan ini,”ujarnya.

Kiev dan media-media Ukraina memublikasikan klip-klip yang diklaim diambil dari Bucha, utara Ukraina. Klip-klip itu menunjukkan jasad-jasad warga sipil.

Kiev mengaitkan pembunuhan ini kepada Tentara Rusia, yang tentu saja dibantah keras oleh Moskow. Rusia menegaskan bahwa pasukannya sudah meninggalkan Bucha sejak berhari-hari lalu. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Sindir Uni Eropa, Rusia: Brussels Bukan Pusat Semesta

Rusia Sebut “Neo-Nazi” Jadikan 4.5 Juta Orang Ukraina sebagai Tameng Manusia

DISKUSI: