Rusia dan Tiongkok Veto Resolusi Anti-Suriah, Pompeo Gusar

0
119

Washington,LiputanIslam.com-Rusia dan Tiongkok telah memveto resolusi Dewan Keamanan PBB terkait pengiriman “bantuan kemanusiaan” ke Suriah tanpa izin dari pemerintahan pusat. Sikap kedua negara ini memicu kecaman dari menlu AS.

“Veto resolusi DK PBB oleh Rusia dan Tiongkok, yang mengizinkan masuknya bantuan kemanusiaan untuk jutaan warga Suriah, sangat memalukan,”ujar Mike Pompeo, seperti dilansir Sputnik.

“Kepada Rusia dan Tiongkok, yang memilih untuk menentang resolusi ini, saya katakan bahwa ‘tangan kalian berlumur darah,’”lanjut Pompeo.

Rusia dan Tiongkok pada Jumat malam (20/12) menolak resolusi terkait pengiriman bantuan kemanusiaan ke Suriah tanpa membutuhkan izin dari Damaskus.

Andai resolusi ini disahkan, bantuan kemanusiaan akan dikirim dari dua titik, yaitu perbatasan Suriah-Turki dan Suriah-Irak, tanpa diawasi pemerintah pusat.

Moskow dan Beijing menyatakan, resolusi ini menyalahgunakan krisis kemanusiaan di Suriah, juga dianggap melanggar hak kedaulatan negara tersebut. (af/alalam)

Baca Juga:

AS Nyatakan akan Tetap Bertahan di Suriah dengan Dalih Memerangi ISIS

Al-Hashd al-Shaabi Nyatakan ISIS Bawa Senjata Kimia dari Suriah ke Irak

DISKUSI: