Rudal Canggih Yaman Rontokkan Drone Mahal AS di Ma’rib

0
390

Sanaa,LiputanIslam.com– Situs berita Lebanon, al-Ahed membahas keberhasilan Tentara Yaman menembak jatuh sebuah drone mata-mata AS di langit Ma’rib.

“Rontoknya sebuah drone mata-mata AS di Sarwah di Provinsi Ma’rib oleh sebuah rudal darat-ke-udara telah menarik banyak perhatian. Drone tipe Scan Eagle ini adalah salah satu drone pelacak termahal di dunia senilai 11 juta dolar,”tulis Abu Nader dalam artikelnya.

Menurut Abu Nader, pentingnya kejadian ini lebih dari sekedar rontoknya sebuah drone. Sebab sebelum ini, Yaman sudah berkali-kali menembak jatuh drone atau helikopter.

“Pentingnya hal ini terdapat dalam kemampuan rudal yang digunakan Tentara Yaman untuk merontokkan drone tersebut, sebagaimana yang terlihat dalam klip yang dipublikasikan al’I’lam al-Harbi. Klip itu menunjukkan, rudal muncul dari arah atas drone, berlawanan dengan rudal konvensional sistem pertahanan udara yang biasanya meluncur dari arah bawah untuk mengejar asap yang keluar dari motor target,”tulis Abu Nader.

Abu Nader menyatakan, rudal itu juga menghancurkan drone dengan sensor ledak setelah berada di jarak yang pas, bukan seperti rudal-rudal konvensional yang langsung menghantam target.

Meningkatnya kemampuan sistem pertahanan udara Yaman ini disinyalir akan menambah masalah Koalisi Saudi, terutama setelah AS dikabarkan menarik sistem pertahanan udaranya, seperti Patriot dan THAAD, dari sejumlah titik di Timteng, termasuk Saudi. (af/fars)

Baca Juga:

Sinwar Sebut Pertemuannya dengan Utusan PBB ‘Sangat Buruk’

Raisi Terpilih sebagai Presiden Iran, Menhan Israel Mengaku Tak Bisa Tidur

DISKUSI: