Riyabkov: Rusia Tak Takut kepada Siapa pun, Termasuk AS

0
386

Moskow,LiputanIslam.com-Wamenlu Rusia, Sergey Riyabkov menegaskan bahwa negaranya tidak gentar di hadapan AS. Hal ini diutarakannya saat tiba untuk melakukan pertemuan dengan diplomat-diplomat AS di Jenewa, untuk membicarakan ketegangan soal Ukraina.

Saat jurnalis stasiun televisi AS, CBS News, apakah Ukraina telah membuat Rusia takut, Riyabkov menjawab,”Kami tidak takut kepada siapa pun, bahkan AS sekalipun.”

Pernyataan ini diucapkan Riyabkov sebelum pertemuan Menlu Rusia Sergey Lavrov dan Menlu AS Antony Blinken di ibu kota Swiss hari Jumat ini. Riyabkov juga mengatakan, Washington berjanji akan menanggapi usulan Moskow soal jaminan keamanan pada pekan mendatang.

Reuters melaporkan, para diplomat Rusia dan AS menilai hanya sedikit cakrawala untuk mengatasi perselisihan soal Ukraina. Namun Blinken berharap mereka bisa mengurangi ketegangan dalam masalah ini.

Dalam beberapa hari terakhir, Rusia melangsungkan perundingan dengan AS dan NATO. Perundingan ini tidak berjalan dengan sukses. Sebelum pertemuan Moskow dan Barat, Rusia sudah mengajukan draf usulan-usulan yang mencakup dua permintaan terkait keamanan nasional negara ini, yaitu mencegah penyebaran NATO ke arah timur Eropa dan menjauhkan pakta militer ini dari perbatasan Rusia. Namun draf ini ditolak oleh pihak Barat. (af/fars)

Baca Juga:

Rusia, China dan Iran Gelar Latihan Militer di Samudra Hindia

Tepis Klaim Media Barat, Kiev Sebut Tak Ada Gelagat Rusia Serang Ukraina

DISKUSI: