Reporter PBB: Bin Salman Tersangka Utama dalam Pembunuhan Khashoggi

0
89

Riyadh,LiputanIslam.com-Reporter Khusus di Kantor Komisaris Tinggi HAM PBB menyatakan, Muhammad bin Salman adalah tersangka utama dalam kasus teror atas Jamal Khashoggi, yang dibunuh di Konsulat Saudi di Istanbul pada 2018 lalu.

Menurut laporan harian Yeni Safak, Agnes Callamard mengatakan kepada Anadolu, bahwa meski tidak ada bukti yang mengarah kepada Putra Mahkota Saudi, namun dia adalah tersangka utama terkait dengan instruksi dan provokasi pembunuhan tersebut.

“Coba perhatikan, saya rasa bahwa Bin Salman adalah tersangka utama, terkait pertanyaan siapa yang menginstruksikan pembunuhan ini dan menciptakan motifnya. Namun secara pribadi, saya tidak punya bukti untuk menyebut dia sebagai pemberi instruksinya,”kata Callamard.

Callamard, yang juga merupakan pengacara terkemuka di bidang HAM, menyatakan bahwa tindak kriminal dalam level semacam ini tidak mungkin terjadi tanpa campur tangan Putra Mahkota.

“Saya yakin terhadap masalah ini, berdasarkan informasi yang dibeberkan lebih dari satu tahun lalu. Kemungkinan CIA memiliki informasi ini,”lanjutnya.

Callamard menambahkan, pengadilan atas kasus ini akan dilangsungkan secara in absentia di Turki. Alasannya, Saudi tidak mungkin mengizinkan para tersangka diadili di Turki.

“Meski demikian, saya pikir (pengadilan) ini penting. Saya ingin mengingatkan bahwa para tersangka juga memiliki pengacara khusus,”tandasnya.
Callamard menilai, pengadilan di Turki akan lebih adil daripada pengadilan yang telah diadakan di Saudi. (af/alalam)

Baca Juga:

PBB Kecam Pembunuhan Jenderal Soleimani oleh AS

Komandan Pasukan Pro-Saudi di Yaman Tewas Diserang Drone Ansarullah

DISKUSI: