Raisi: Iran Penuhi Komitmen JCPOA, Tak Seperti AS dan Eropa

0
417

Moskow,LiputanIslam.com-Dalam wawancara eksklusif dengan stasiun televisi Russia Today, Presiden Iran Ebrahim Raisi bicara soal perundingan pencabutan sanksi yang berlangsung di Wina. Ia berkata bahwa Iran menganggap serius perundingan ini.

Presiden Iran menambahkan, keengganan AS untuk melaksanakan komitmennya adalah kendala bagi implementasi JCPOA secara penuh.

“Hal yang kita saksikan hingga sekarang adalah pelanggaran komitmen oleh AS. AS secara resmi melanggar kesepakatan ini.”

Raisi mengingatkan, tiga negara Eropa di JCPOA (Jerman, Inggris, dan Prancis) juga tidak memenuhi komitmen mereka dalam kesepakatan tersebut.

“IAEA telah 15 kali mengumumkan bahwa Iran memenuhi semua komitmennya. Kami telah melaksanakan komitmen kami, tapi mereka melanggar komitmen. Mereka harus memenuhi kewajiban. Kami tidak melanggar apa pun,” tandas Raisi.

Terkait teror atas Jenderal Qassem Soleimani, Raisi menegaskan bahwa para pembunuhnya harus diadili.

“Soleimani bukan hanya milik rakyat Iran, tapi juga milik masyarakat Muslim,” kata Raisi dalam wawancara yang disiarkan Kamis kemarin.

“Tentu semua orang, baik Muslim maupun bukan, menghormati segala tindakannya, sebab mereka tahu dia mampu menyelamatkan orang-orang dari serangan musuh umat manusia, yaitu ISIS dan kelompok Takfiri.”

Raisi berkata bahwa tujuan Soleimani dari keberadaannya di Irak dan Suriah adalah penumpasan terorisme. “Dia berada di sana untuk menyelamatkan nyawa manusia. Semua orang di dunia tahu ini. Sebab itu, Qassem Soleimani adalah seorang pahlawan,” tandasnya. (af/fars)

Baca Juga:

Rusia, China dan Iran Gelar Latihan Militer di Samudra Hindia

Miliki Banyak Varian Drone, Iran Bikin Israel Khawatir

DISKUSI: