Miliki Banyak Varian Drone, Iran Bikin Israel Khawatir

0
293

Teheran,LiputanIslam.com-Situs Jewish News Syndicate (JNS) melaporkan, seiring dengan pengembangan drone-drone tempur, Iran dinilai punya kapabilitas untuk mengubah permainan di Timteng.

Menurut situs Israel ini, drone-drone tempur Iran bukan hanya ancaman bagi Rezim Zionis saja, tapi juga bagi kepentingan regional AS.

Selama bertahun-tahun, baik melalui rekayasa terbalik (reverse engineering) atau usaha-usaha independen, Iran telah mengembangkan kapasitas operasional sangat maju dalam industri pesawat nirawak.

Setelah JCPOA, Iran telah menanamkan modal besar dalam program pesawat nirawak. Iran telah membuat berbagai tipe drone tempur kamikaze dan yang bisa digunakan kembali. Di antaranya adalah Ababil-3, Mohajer-6, Shahed-129, Gaza, Saegheh, Fotros, Hemaseh, Karar, Sadegh, Yesir, Hodhod, Roham, Ya Mahdi, Sarir, Raad 85, Haamaseh, dan Hazem-1.

Drone-drone ini bisa mencapai ketinggian 45.000 kaki, terbang lebih dari 24 jam secara kontinu, dan memiliki jangkauan hingga lebih dari 1.500 km.

JNS menambahkan, drone-drone ini punya kapasitas untuk menghimpun informasi dan melancarkan serangan, baik dengan cara menembakkan rudal atau operasi bunuh diri. Drone-drone ini bisa dibawa-bawa dengan mudah, hanya membutuhkan sedikit operator, dan bisa diterbangkan dari berbagai peluncur. Dengan drone-drone ini, Iran bisa memberikan pukulan telak kepada musuh-musuhnya. (af/fars)

Baca Juga:

Ini Tujuh Target Serangan Balasan Iran di Israel Jika Israel Menyerang Iran

Israel Mengaku Lumpuhkan Jaringan Intelijen Perempuan yang Direkrut Iran

DISKUSI: